ANALISIS PEMBELAJARAN BERDASARKAN PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA KELAS X SMA

Nora Susiana, Lia Yuliati, Eny Latifah

Abstract


Selama ini yang sering terjadi dalam pembelajaran kemampuan siswa hanya dinilai dari hasil akhir, tanpa melihat proses. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pembelajaran siswa untuk memotret profil kemampuan pemecahan masalah pada beberapa materi Fisika kelas X semester 2. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes essay kemampuan pemecahan masalah dan hasil wawancara dengan guru. Penelitian ini menghasilkan profil kemampuan pemecahan masalah siswa. Skor kemampuan pemecahan masalah siswa masih sangat rendah. Kelemahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan Fisika adalah: tidak dapat menentukan informasi yang dibutuhkan, kesalahan dalam menentukan konsep fisika, kesalahan dalam menentukan persamaan fisika, kesalahan menghitung, dan tidak dibiasakan membuat kesimpulan berdasarkan hasil. Berdasarkan profil kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa, didapatkan kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah Fisika siswa masih sangat rendah. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru dan siswa masih terpusat pada guru. Peningkatkan kemampuan pemecahanmasalah siswa dapat dilakukan denganpembelajaran yang terpusat pada siswa serta guru juga harus memberikan pembelajaran yang dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Keywords


analisis pembelajaran; kemampuan pemecahan masalah; materi Fisika kelas X

Full Text:

PDF