PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN PROGRAM RESITASI PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA

Yanuar Arief Faris Ghozali, Sutopo Sutopo, Arif Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan membantu kinerja pendidik untuk meningkatkan hasil belajar dan memperbaiki konsepsi peserta didik pada materi yang disampaikan dengan memberikan media pembelajaran interaktif yang mampu memberikan hasil tes, feedback secara langsung, serta mengetahui kesalahan konseptual pada saat mengerjakan tes di program tersebut. Penelitian ini adalah mixed method dengan desain embedded experimental model. Penelitian ini menggabungkan data kuantitatif dan data kualitatif agar dapat menghasilkan data hasil penelitian secara lengkap. Peneliti melilih kelas XI MIA 2 dengan jumlah 25 peserta didik yang heterogen. Berdasarkan hasil data penelitian pretes dan postes didapatkan hasil bahwa pembelajaran dengan program resitasi ini memberikan data 88% peserta didik sangat termotifasi untuk belajar, 92% menyatakan program ini sangat mudah dioperasikan, dari data nilai rata-rata pretes 47,2% meningkat pada hasil postes sebesar 80,6%. Hasil data kualitatif 36% dari jumlah peserta didik mengalami kesulitan saat mengerjakan pretes dan 80% dari jumlah peserta didik menyatakan memahami dengan bantuan program resitasi ini dan 92% menyatakan bahwa pembelajaran yang disertai program resitasi sangat membantu memahami materi, mudah digunakan karena bersifat offline dan online dan memotifasi untuk belajar.

Keywords


hasil belajar; feedback; mixed method; pembelajaran; program resitasi

Full Text:

PDF