PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OIDDE PADA MATAKULIAH ZOOLOGI VERTEBRATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Dwi Setyawan

Abstract


Perbedaan kopetensi masing-masing mahasiswa dalam proses pembelajaran perlu mendapat perhatian, dengan upaya mencari penyebab, dan segera mengatasinya. Upaya peningkatan partisipasi, mengelola informasi, keterlibatan secara individu atau kelompok, menentukan permasalahan, memecahkan masalah, sampai pada menentukan alternatif tindakan dalam proses pembelajaran merupakan hal yang penting untuk dilakukan, karena mempengaruhi perkembangan belajar yang didapat. Penelitian ini bertujuan; 1) Meningkatan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar mahasiswa setelah diterapkan model pembelajaran OIDDE, 2) Menganalisis peningkatan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar mahasiswa setelah diterapkan model pembelajaran OIDDE mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan, setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan selama 2 jam pelajaran (2x50 menit). Setiap siklus tindakan yang dilaksanakan terdiri atas empat tahapan. Pada penelitian ini di masing-masing pertemuan baik untuk siklus I maupun siklus II dilaksanakan dengan diawali dari; perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing), dan menganalisis data atau informasi untuk memutuskan kelebihan maupun kelemahan tindakan tersebut (reflecting) dan evaluasi. Hasi penelitian ini adalah: 1) Penerapan model pembelajaran OIDDE dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis mahasiswa. 2) Penerapan model pembelajaran OIDDE dapat meningkatkan Hasil Belajar mahasiswa.

Keywords


pembelajaran; OIDDE; berfikir kritis; hasil belajar

Full Text:

PDF