ANALISIS PENERAPAN GLS (GERAKAN LITERASI SEKOLAH) DI SMP NEGERI 1 BATU

Wahidah Al-Mutmainnah, Yun Pantiwati, Elly Purwanti

Abstract


Literasi Sekolah dalam konteks GLS adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan GLS pada tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran, menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT) dalam penerapan GLS pada tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran, memaparkan strategi yang tepat pada penerapan GLS di 3 tahap dan memberikan Solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan dalam penerapan GLS di tiga tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, SMPN 1 Batu sudah melaksanakan kegiatan GLS pada 3 tahap. Tahap pembiasaan sudah dilaksanakan mulai tahun 2004 yaitu kegiatan membaca 15 menit. Tahap pengembangan yang sudah dilaksanakan adalah menulis jurnal yang berisikan komentar tentang buku yang telah dibaca sedangkan untuk menulis jurnal tanggapan buku bacaan dan membuat graphic organizer setelah membaca masih belum dilaksanakan. Tahap pembelajaran dalam kegiatan GLS sudah dilaksanakan di dalam kegiatan belajar mengajar dalam beberapa mata pembelajaran dan sudah disosialisaikan oleh kepala sekolah. Strategi yang tepat untuk melaksanakan kegiatan GLS di SMPN 1 Batu adalah menggunakan  strategi Deversifikasi (perbedaan) yaitu memanfaatkan fasilitas dan lingkungan sekolah agar siswa lebih antusias dalam melaksanakan kegiatan GLS, pelibatan publik, dan partisipasi penuh tenaga pendidik.

Keywords


GLS analysis; adaptation; development; learning phase; strategy

Full Text:

PDF