EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INKUIRI DIPADU SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

Ita Ainun Jariyah

Abstract


Keterampilan proses sains penting untuk dikuasai oleh guru dan peserta didik ketika mempelajari IPA. Pentingnya keterampilan proses sains adalah membantu peserta didik mengembangkan proses belajar melalui pengalamannya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui rerata peningkatan keterampilan proses sains peserta didik sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran inkuiri dipadu STM, serta mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran inkuiri dipadu STM. Metode penelitian yang digunakan adalah “pre eksperimental design” dengan desain “the group pretestt posttest design”. Sampel penelitian diambil dari peserta didik kelas VII SMPN 3 Peterongan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes yaitu pretest dan postest serta angket respon peserta didik. Data pretest dan postest dianalisis menggunakan statistik uji-t berpasangan. Data angket respon peserta didik dianalisis dengan rumus persentase. Hasil uji-t berpasangan adalah 0,00 yaitu lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan keterampilan proses sains peserta didik sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran berbasis inkuiri dipadu STM. Data angket respon peserta didik menunjukkan hasil bahwa peserta didik memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran inkuiri dipadu STM.

Keywords


inkuiri; keterampilan proses sains; STM

Full Text:

PDF