PENGETAHUAN DAN KEPUTUSAN ETIS SISWA SMK NEGERI 6 MALANG TERHADAP PERMASALAHAN PERILAKU SEKS PRA NIKAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OIDDE

Etik Fariati, Atok Miftachul Hudha, Husamah Husamah

Abstract


Permasalah perilaku seks pranikah pada remaja (siswa) semakin mengkhawatirkan dan cenderung berkembang secara progresif atau meningkat. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan dan sikap etis para siswa SMKN 6 Kota Malang tentang permasalahan perilaku seks pranikah melalui penerapan model pembelajaran OIDDE. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan bulan September-Oktober 2016. Subjek penelitian ini adalah para siswa yang tergabung dalan kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-Remaja) sebanyak 33 orang. Rancangan penelitian yang dilakukan dikembangkan dari sintaks model pembelajaran OIDDE yang dikembangkan oleh Hudha et al. Pembelajaran dilakukan selama tiga kali pertemuan, dengan materi terkait seks pranikah. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner terkait pengetahuan perilaku seks pranikah. Analisis data dilakukan secara deskriptif terhadap hasil kuesioner yang telah diisi siswa.  Berdasarkan jumlah jawaban yang dipilih, dapat dikatakan bahwa para siswa telah mampu memilih jawaban yang paling tepat berdasarkan informasi yang diperoleh selama proses pembelajaran, meskipun tersedia berbagai jawaban lain yang juga benar. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran OIDDE mampu memberikan pemahaman dan membantu memilih jawaban yang paling tepat, karena adanya penguatan terhadap pertimbangan etis siswa. Kemampuan para siswa untuk mengindentifikasi berbagai faktor penyebab dan pendorong perilaku seks pranikah, dampak dan risiko perilaku seks pranikah, faktor dan dampak aborsi, dan berbagai hal lain yang terkait dengan tema itu mengindikasikan bahwa pengetahuan siswa cukup baik atau tinggi, dan berarti sangat positif bagi siswa. Penelitian ini hanya mengkaji pengetahuan siswa dan keputusan etis berdasarkan kuesioner yang telah diisi oleh siswa. Oleh karena itu selanjutnya perlu kajian berdasarkan hasil tes tulis, lembar pengambilan keputusan etis, aktivitas diskusi, dan observasi perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari. 

Keywords


etis; Malang; pembelajaran; seks pranikah; siswa

Full Text:

PDF