PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING (RQA) DIPADU THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Suprapto Suprapto, Siti Zubaidah, Aloysius Duran Corebima

Abstract


Kehidupan di abad ke-21 menuntut berbagai keterampilan yang harus dikuasai seseorang, di antaranya keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan berpikir kreatif yang dimiliki lulusan pendidikan dasar sampai perguruan tinggi masih rendah karena keterampilan berpikir belum ditangani dengan baik. Keterampilan berpikir kreatif dapat dibelajarkan melalui model pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) dipadu Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran biologi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Nonrandomized Control Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Babat dan XI IPA SMA Negeri 1 Kedungpring, Kabupaten Lamongan. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA-6, XI IPA-7 SMA Negeri 1 Babat dan XI IPA-1, XI IPA-5 SMA Negeri 1 Kedungpring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) dipadu Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran biologi. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji Anakova tunggal diperoleh F hitung perlakuan perbedaan model pembelajaran sebesar 2,692 dengan p-hitung 0,049 < 0,05. Rerata terkoreksi keterampilan berpikir kreatif siswa dengan model pembelajaran RQA adalah 2,74% lebih tinggi dari pada rerata terkoreksi kelas kontrol. Rerata terkoreksi keterampilan berpikir kreatif siswa dengan model pembelajaran RQA adalah 3,76% lebih tinggi dari pada rerata terkoreksi kelas TPS.

Keywords


RQA; TPS; Keterampilan Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF