ANALISIS AKTIVITAS DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PERKULIAHAN BIOLOGI AIR TAWAR STKIP PUANGRIMAGGALATUNG SENGKANG SUL-SEL

Ahmad Yani, Haerunnisa Haerunnisa, Sahriah Rahim

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tujuan untuk menganalisis aktivitas dan sikap ilmiah mahasiswa pada perkuliahan Biologi Air Tawar melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang memprogramkan matakuliah Biologi Air Tawar pada program studi Pendidikan biologi STKIP Puangrimaggalatung (Prima) Sengkang tahun akademik 2015/2016, dengan jumlah mahasiswa 110, yang terbagi dalam 3 kelas. Kelas A jumlah yang 36 siswa, jumlah kelas B untuk 36 siswa dan jumlah kelas C untuk 38 siswa. Parameter yang diukur pada penelitian ini adalah aktivitas dan sikap ilmiah mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan kuesioner penilaian sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aktivitas mahasiswa dalam kategori baik (78,23%) dan sikap ilmiah siswa dalam kategori baik (76,88%). Model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan aktivitas dan sikap ilmiah mahasiswa pada perkuliahan Biologi Ari Tawar. 

Keywords


Aktivitas, sikap ilmiah; model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)

Full Text:

PDF