PENGARUH MODUL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Chandra Adi Prabowo, Ibrohim Ibrohim, Murni Saptasari

Abstract


Keterampilan proses sains siswa SMA Negeri 4 Sidoarjo menunjukkan tingkat capaian yang masih rendah. Siswa membutuhkan bahan ajar yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains dengan memanfaatkan sumber belajar serta sarana teknologi informasi yang memadai. Salah satu jenis bahan ajar yang dapat digunakan adalah modul pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium virtual. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium virtual terhadap capaian keterampilan proses sains siswa.Penelitian menggunakan pendekatan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonrandomized control group pretest postest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 4 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan memilih secara acak kelompok perlakuan dan kontrol. Instrumen pengambilan data yang digunakan berupa tes keterampilan proses sains. Teknik analisa data menggunaan analisis statistik berupa uji analisis kovarian atau anakova untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains siswa pada kelompok kontrol dan perlakuan dengan nilai p (0,406) < (0,05). Jenis keterampilan proses sains yang menunjukkan perbedaan signifikan meliputi aspek mengidentifikasi variabel, merumuskan hipotesis, dan melakukan percobaan. Sedangkan aspek menafsirkan data dan mendefinisikan secara operasional menunjukkan perbedaan yang tidak signifikan. 

Keywords


modul pembelajaran; inkuiri; laboratorium virtual; keterampilan proses sains

Full Text:

PDF