PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA JURUSAN PERTANIAN SMK NEGERI 1 KADEMANGAN BLITAR

Risca Dwi Kusuma, Fatchur Rohman, Istamar Syamsuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dalam pembelajaran biologi pada jurusan pertanian di SMK Negeri (SMKN) Kademangan, Blitar. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dari 1 guru biologi dan 64 siswa kelas XII dengan menggunakan angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah sebanyak 75% siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi dalam pembelajaran biologi khususnya materi keanekaragaman hayati. Kemudian, guru dan siswa menyatakan bahwa kesulitan dalam memahami materi biologi disebabkan kurangnya buku teks dan media belajar yang sesuai untuk jurusan pertanian, serta pemanfaatan potensi lingkungan lokal yang belum optimal. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang memanfaatkan potensi lingkungan lokal sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi biologi

Keywords


Permasalahan pembelajaran biologi; SMK jurusan pertanian

Full Text:

PDF