MEWUJUDKAN SISTEM PEMBELAJARAN SAINS/BIOLOGI BERORIENTASI PENGEMBANGAN LITERASI PESERTA DIDIK

Nuryani Y. Rustaman

Abstract


Makalah ini mengupas makna literasi dari beberapa versi (scientific literacy, science literacy, environment literacy, assessment literacy & STEM literacy). Selain itu dibahas apa, mengapa dan bagaimana pembelajaran sains/biologi berorientasi pengembangan literasi peserta didik.. Karakteristik biologi yang kompleks memerlukan pemahaman yang mengacu pada sistem dan berpikir system.  Karakteristik asesmen literasi sains, khususnya literasi sains menurut PISA yang terdiri dari sejumlah komponen memberi titik terang untuk membekali pembelajaran sains menurut kurikulum 2013 dan sejalan dengan tuntutan kompetensi abad 21. Kompetensi sains (scientific competency) dalam PISA mencakup: identifying scientific issue, explaining scientific issue, dan using scientific evidence. Selain itu pelevelan scientific competency dapat dilakukan mengacu pada pelevelan tertentu dari kategori tertentu.  Mencermati pelevelan scientific literacy menurut PISA mengingatkan pendidik sains untuk mempertimbangkan sub komponen-sub komponen dari masing-masing kompetensi agar dapat dihasilkan pembekalan pembelajaran sains berorientasi pengembangan literasi peserta didik yang berkarakter. 

Keywords


Sistem biologi; berpikir sistem; berorientasi literasi; komplesitas; calon guru

Full Text:

PDF