IbM GURU MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Erly Wahyuni, Estu Widodo, Shobbah Sabilil M

Abstract


Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan salah satu karakteristik pada pelaksanaan pembelajaran dalam kurikulum 2013. Dengan adanya hal tersebut, guru dituntut dapat mengintegrasikan serta mengimplementasikan TIK dalam pembelajaran dalam bentuk pemanfaatan media yang lebih aktraktif sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, dan dapat memotivasi pesera didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Namun, permasalahan yang dihadapi mitra dalam menyongsong kurikulum 2013 di SPM Muhammadiyah 4 Malang dan MTS Surya Buana Malang adalah SDM (para guru) belum bisa memanfaatkan TIK secara optimal terutama pada pembuatan dan penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan presentation file, dalam hal ini software yang digunakan adalah Microsoft Office Power Point (PPT). Solusi yang ditawarkan bagi mitra adalah dalam bentuk kegiatan pelatihan  dan pendampingan bagi guru dengan  tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian guru dalam menyediakan media pembelajaran dengan memanfaatkan PPT serta memperhatikan karakter peserta didik yang akan dicapai. Kegiatan IbM ini dilakukan dengan menggunakan metode pelaksanaan melalui beberapa tahapan, yaitu : a) Pelatihan (pembuatan media pembelajaran berbasis TIK dengan PPT, b) Pendampingan : penerapan penggunaan media pembelajaran dengan PPT, dan c) Evaluasi dan Refleksi. Indkator keberhasilan kegiatan ini ditandai dengan a) Guru mampu menentukan jenis media interaktif, b) Guru mampu menyusun manual penggunaan media pembelajaran berbasis TIK yang telah dikembangkan, dan c) Guru mampu mengintegrasikan serta mengimplementasikan media ke dalam rancangan pembelajaran berbasis TIK. Kemampuan yang diperoleh guru  dan sekolah dicirikan dalam tahap applying yaitu sudan adanya pemahaman tentang kontribusi dan upaya menerapkan TIK dalam konteks manajemen sekolah dan pembelajaran

Keywords


guru MTS dan SMP, media pembelajaran, TIK

Full Text:

PDF