DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERSASTRA BERBASIS PANGGUNG

Hari Sunaryo, Nurul Zuriah, Novin Farid SW

Abstract


Dalam kerangka inovasi, efisiensi dan efektivitas harus dilakukan dalam pembelajaran sastra di sekolah guna dihasilkannya capaian pembelajaran secara optimal. Jika capaian pembelajaran minimal sudah dirumuskan dalam kurikulum, maka perhatian terletak pada bagaimana proses berlangsung dengan capaian pembelajaran semaksimal mungkin. Salah satu aspek dalam proses itu adalah soal media pembelajaran.  Tujuan penelitian pengembangan media pembelajaran keterampilan bersastra berbasis panggung pada tahun pertama ini adalah dihasilkannya draft desain media pembelajaran keterampilan bersastra berbasis panggung yang dikembangkan di sekolah. Secara metodologis, keseluruhan penelitian menggunakan desain penelitian pengembangan. Penelitian tahun pertama dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, focus group discussion. Hasil yang diperoleh berupa deskripsi bahwa desain media pembelajaran keterampilan bersastra berbasis panggung dilandaskan pada prinsip-prinsip: pemanfaatan potensi lokal, bentuk audio-visual-material, berorientasi pada aktivitas pembelajaran proses kreatif seni, sasaran aktivitas individual atau kelompok, berpotensi mengembangkan capaian kompetensi akademik dan non-akademik maksimal, mudah dioperasikan.

Keywords


Media Pembelajaran, Capaian Pembelajaran, Keterampilan Bersastra, Berbasis Panggung

Full Text:

PDF