MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI KEARIFAN LOKAL DAN CIVIC VIRTUE SEBUAH REKAYASA SOSIAL

Nurul Zuriah, Rahmad Widodo, Hari Sunaryo

Abstract


Pembangunan karakter bangsa sangat penting untuk mengatasi krisis karakter bangsa yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini dan sebagai pondasi utama untuk mensukseskan Indonesia Emas 2025. Tujuan umum penelitian adalah menyusun dan mengembangkan model pendidikan karakter berbasis nilai kearifan lokal dan civic virtue di lingkungan perguruan tinggi. Penelitian dilaksanakan di tiga perguruan tinggi yaitu: UMM (Jatim), UNS (Jateng), dan UPI Bandung (Jabar). Pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan desain penelitian pengembangan (R & D). Subyek penelitian adalah dosen, mahasiswa, pimpinan perguruan tinggi, tokoh masyarakat yang ada di tiga wilayah: Malang, Solo dan Bandung. Pengumpulan data dengan metode simak, observasi, wawancara, angket dan Focus Group Discussion (FGD). Analisis data pada tahun pertama dilakukan paduan diskriptif kualitatif  dengan penelitian kepustakaan dan proses penggarapan yang digunakan meliputi heuristic, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil dan luaran penelitian keseluruhan berupa rekayasa sosial konstruksi model pendidikan karakter berbasis nilai kearifan lokal dan civic virtue sangat strategis dan bersekala nasional akan didesimenasikan dan dipublikasikan dalam bentuk artikel ilmiah terakreditasi nasional atau jurnal bereputasi internasional. Hasil pada tahun pertama berupa profil perkembangan model pendidikan karakter bangsa dari masa Orde lama sampai dengan Era Reformasi dan implikasinya bagi pembangunan manusia dan daya saing bangsa. Menunjukkan bahwa model pendidikan karakter bangsa berbasis nilai kearifan lokal dan civic virtue yang  pernah berlaku di Indonesia sangat beragam, tergantung pada kebijakan pendidikan dan kemauan politik pemerintah serta nomenklatur masyarakat Indonesia yang multikultural dengan basis kearifan lokal komunitas masyarakat setempat. Nilai-nilai civic virtue yang dikembangkan mengadop pada nilai- nilai karakter masyarakat yang universal dan adaptif, integratif dan akomodatif dalam pepenerapannya.

Keywords


pendidikan karakter, kearifan lokal, civic virtue

Full Text:

PDF