Cover Image

Pola Distribusi dan Margin Pemasaran Beras di Jawa Timur

Annisa Kesy Garside, Yunan Syaifullah

Abstract


ProsidingIndonesia Statistical Analysis Conference 2013Penyekengara : Jurusan Teknik Industri UNPARVol.1 No.1 Tahun 2013 Pola Distribusi Beras_ISAC 2013 Pola Distribusi dan Margin Pemasaran Beras di Jawa Timur   Annisa Kesy Garside1, Yunan Syaifullah2, 1) Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Malang Jl. Raya Tlogomas No. 246, Malang Email: annisa_garside@yahoo.com 2) Fakultas Ekonomi, Jurusan Studi Pembangunan, Universitas Muhammadiyah Malang Jl. Raya Tlogomas No. 246, Malang Email: ayunna44@yahoo.com Abstrak   Beras mempunyai peran strategis dalam memantapkan ketahanan pangan, sehingga pasokan dengan harga stabil dan terjangkau dan terdistribusi secara merata harus terwujud. Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang menjadi lumbung beras nasional. Namun di sisi lain, ketahanan pangan belum tangguh diindikasikan dengan penduduk miskin masih diatas 10% pada tahun 2012.  Dengan demikian, surplus beras tidak mencerminkan ketangguhan ketahanan pangan Jawa Timur jika kesenjangan antar rumah tangga dalam mengakses pangan tidak tertangani. Penelitian ini bertujuan mengetahuisistem dan pola distribusi gabah/berasdariprodusenketingkatkonsumen di Jawa Timur, struktur pasar dan effisiensi pemasaran beras di Jawa Timur. Dari hasil penelitian diperoleh supply chain beras di Jawa Timur melibatkan 13 pelaku, dengan 11 pelaku diantaranya bertindak sebagai pedagang yang mendistribusikan beras. Selanjutnya hasil analisis margin pemasaran menunjukkan bahwa pemasaran beras di Jawa timur relatif efisien dan pembagian margin antara petani, pengusaha penggilingan dan pedagang cukup adil. Kata kunci: beras, distribusi, supply chain, ketahanan pangan, margin pemasaran

Keywords


beras, distribusi, supply chain, ketahanan pangan, margin pemasaran

Full Text:

pdf