Pendekatan Lean Distribution untuk mengurangi Lead Time Pengiriman pada Sistem Distribusi Retail Almafart

Annisa Kesy Garside, Pepy Anggela

Abstract


National Conference: Design and Application of Technology 2010 Pendekatan Lean distribution_National Conference 2010 Pendekatan  Lean Distribution untuk mengurangi  Lead Time Pengiriman pada Sistem Distribusi Retail Almafart   Annisa Kesy Garside , Pepy Anggela Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang Jalan Raya Tlogomas No. 246,  Malang 65144, Indonesia Telp. (0341) 464318    Fax. (0341) 460435 Email : annisa_garside@yahoo.com   ABSTRAK PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (SAT) cabang Malang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi. Salah satu masalah yang dihadapi perusahaan ini adalah lead time pengiriman barang yang panjang. Hal ini disebabkan adanya aktivitas-aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah atau waste, diantaranya waiting yang terjadi pada saat pembuatan faktur order dari masing-masing retail-retail Alfamart. Berdasarkan  permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan perbaikan untuk mengurangi lead time pengiriman yang panjang pada sistem distribusi di retail Alfamart dengan menggunakan pendekatan Lean Distribution. Tahapan penelitian dimulai pembuatan big picture mapping dari proses distribusi di perusahaan berdasarkan data  aliran fisik, aliran informasi dan lead time pengiriman yang telah dikumpulkan sebelumnya. Selanjutnya dilakukan  identifikasi kategori waste yang paling berpengaruh dengan metode Borda. Berdasarkan kategori waste tersebut dilakukan pembuatan detailed mapping proses distribusi dengan menggunakan VALSAT (Value Stream Analysis Tools) untuk menentukan waste-waste yang terjadi sehingga dapat diidentifikasi waste apa yang paling kritis (CTQ) dalam proses distribusi tersebut. Setelah diketahui waste apa yang paling kritis, maka dilakukan identifikasi penyebab waste tersebut dengan menggunakan konsep “why-why” dan menentukan alternatif usulan perbaikan dengan menggunakan konsep konsep 5W-1H. Berdasarkan pembuatan detailed mapping dengan menggunakan Process Activity Mapping diperoleh waste kritis (CTQ) adalah waktu pengiriman yang cukup lama untuk transportation dan waktu tunggu dikarenakan proses validasi faktur oleh bagian Admin DC untuk waiting. Usulan perbaikan untuk mengurangi waste waiting adalah menggunakan software yang terintegrasi untuk melakukan kegiatan pemeriksaan ketersediaan barang, sehingga dapat meminimasi waktu proses validasi faktur  yang cukup lama. Sedangkan usulan perbaikan untuk mengurangi waste transportation adalah dengan membuat penjadwalan rute pengiriman barang  ke retail-retail Alfamart yang dilakukan oleh setiap truk dengan menggunakan metode VRP (Vehicle Routing Problem ).   Kata kunci : lean, lean distribution,  lead time, waste, big picture mapping,  VALSAT

Keywords


lean, lean distribution, lead time, waste, big picture mapping, VALSAT

Full Text:

pdf