Cover Image

PENGARUH STRATEGI PERLUASAN MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN

Husnul Khotimah, Nida Hasanati, Zakarija Achmat

Abstract


PENGARUH STRATEGI PERLUASAN MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (THE INFLUENCE OF BRAND EXTENSION STRATEGY TO CONSUMER  LOYALTY)   Husnul Khotimah Nida Hasanati Zakarija Achmat   Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malangzakarija@umm.ac.id   ABSTRAK   Loyalitas konsumen terhadap suatu merek tertentu merupakan salah satu  faktor penting bagi keberhasilan pemasaran suatu produk.  Banyak produsen yang menggunakan strategi perluasan merek ketika meluncurkan suatu produk kategori baru untuk memanfaatkan loyalitas konsumen terhadap merek yang telah ada.  Peluncuran suatu produk kategori baru dengan menggunakan merek yang telah ada bisa disikapi secara berbeda oleh para konsumen, sehingga memiliki kemungkinan mempengaruhi loyalitas mereka terhadap merek tersebut.  Penelitian ini merupakan penelitian non experiment yang menguji hipotesis adanya hubungan antara sikap terhadap perluasan merek dengan loyalitas merek.  Dengan menggunakan teknik quota sampling, penelitian ini melibatkan 100 responden pengguna merek ”C” di kota Malang.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif  dan signifikan antara sikap terhadap perluasan merek dengan loyalitas merek (r = 0,519; p < 0,001).  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sikap terhadap perluasan merek dapat mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap merek tersebut.  Produsen perlu berhati-hati dalam menerapkan strategi perluasan merek ketika meluncurkan suatu produk baru karena dapat mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap produk dengan merek sama yang sudah lebih dulu ada. Kata kunci: perluasan merek, loyalitas merek, konsumen   Consumer  loyalty toward a particular brand has been found to be an important factor for a product successful marketing.  Many companies use brand extension strategy when they launch a new category of products to get a benefit from the most of consumers’ loyalty to existing brands.  However, consumers might have different attitude toward a new product category launched by using an existing brand, consequently the consumer loyalty to the brand might be affected.  This study is a non-experimental study which tested the hypothesis of the relationship between attitudes toward the brand extension and brand loyalty.  Using quota sampling technique, the study involved 100 "C" brand users as respondents in Malang.  The results showed that there was a positive and significant relationship between attitudes toward the brand extension and brand loyalty (r = 0.519, p <0.001).  The research concluded that attitudes toward the brand extension could affect consumer loyalty to the brand therefore producers are advised to be careful in applying brand extension strategy to launch a new product since it might affect consumers loyalty to existing products of the same brand.   Keywords: brand extension, brand loyalty, consumers

Keywords


brand extension, brand loyalty, consumers

Full Text:

pdf