Cover Image

SELF MANAGEMENT SKILL PADA SISWA KELAS AKSELERASI TINGKAT SMA

Yuni Nurhamida

Abstract


Prosiding,Seminar Nasional Kekerabatan. "Optimalisasi Potensi Siswa Gifted" Malang, 18 Mei 2013Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang dengan Asosiasi Psikologi Pendidikan Indaonesia (APPI) SELF MANAGEMENT SKILL PADA SISWAKELAS AKSELERASI TINGKAT SMA     Yuni Nurhamida,S.Psi,M.Si y-nurhamida@yahoo. Com   Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang     ABSTRAK   Kelas akselerasi pada dasarnya diperuntukkan bagi siswa Cerdas Istimewa/Bakat  Istimewa (Gifted) yang dapat diidentifikasi dengan tiga aspek, yaitu IQ pada taraf superior (IQ> 130), task commitment dan kreatifitas yang tinggi. Realitasnya, siswa akselerasi diseleksi dengan menekankan pada aspek IQ sehingga tidak semua siswa akselerasi siap secara emosional dengan tuntutan dalam kelas akselerasi. Ketidaksiapan secara emosional tersebut diduga turut berkontribusi pada munculnya masalah underachievement pada siswa akselerasi. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self manajemen skill pada siswa akselerasi tingkat SMA. Self management skill merupakan bagian dari kecerdasan emosional, yang mencakup empat aspek, yaitu tingkat drive strength, time management, commitment ethic, dan positive change (Nelson dan Low, 2003). Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan self management skill dari Nelson dan Low (2003). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas akselerasi, yang mencakup siswa kelas X (19 orang) dan XII (16 orang) SMA 1 Batu Malang, sehingga total berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa memiliki potensi self management skill dalam taraf sedang yang bermakna mereka telah memiliki potensi manajemen diri yang cukup, namun masih perlu dikembangkan untuk mencapai aktualisasi potensi secara optimal.     Kata Kunci: self management skill, siswa akselerasi tingkat SMA

Keywords


self management skill, siswa akselerasi tingkat SMA

Full Text:

pdf