Cover Image

ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK KOTA MALANG

Ni'matuzahroh .

Abstract


Seminar Nasional Sarasehan Pendidikan Karakter Berbasis Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 4 september 2013 Ni’matuzahrohFakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malangni’matuzahroh7@gmail.com/zahroh@umm.ac.id ABSTRAK Pendidikan karakter merupakan usaha  menanamkan nilai-nilai kebaikan yang harus dilakukankan sedini mungkin karena membutuhkan waktu dan keterlibatan semua pihak baik lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi  pendidikan karakter  disekolah TK kota Malang.    Subyek  penelitian ini adalah  30 guru TK yang tergabung dalam IGTKI kecamatan Lowokwaru Malang. Metode pengumpulan data menggunakan angket terbuka. Teknik analisis menggunakan analisis non-statistik dengan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan karakter menjadi muatan kurikulum disekolah yang dilakukan setiap hari dengan pendekatan pembelajaran yang bervariasi melalui  pemberian ketauladanan,  dialog yang timbal balik antara anak dengan guru, metode bermain, bercerita, bernyanyi maupun karya wisata. Kendala yang dihadapi para guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter disekolah adalah anak-anak masih belum memperhatikan dan belum mengerti  apa yang sedang diajarkan serta sibuk dengan aktivitas bermainnya, kurangnya kerjasama antar guru dan orangtua, terbatasnya sarana dan prasarana sekolah serta tenaga pendidik.Untuk mengatasinya, guru menerapkan metode bermain dan melakukan pendekatan secara individual, lebih sabar dalam menghadapi anak dan  memberi contoh langsung tentang perilaku yang baik dan yang buruk. Kata Kunci : Implementasi pendidikan karakter, Taman Kanak-kanak..

Keywords


Implementasi pendidikan karakter, Taman Kanak-kanak..

Full Text:

PDF