PENERAPAN MEDIA DIGIBOOK (BUKU DIGITAL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Erna Yayuk, Kuncahyono ., Arina Restian

Abstract


Idealnya media pembelajaran dapat mempermudah akses antar substansi materi dalam pembelajaran. Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN Girimoyo 2 yaitu terlihat metode pembelajaran yang didominasi ceramah, aktivitas belajar siswa masih rendah, dan pembelajaran masih bersifat teacher oriented. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan aktivitas guru dalam pembelajaran IPA menggunakan media digibook (buku digital) di kelas IV, 2) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa selama menggunakan media digibook (buku digital) SDN Grimoyo 2 Malang. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Girimoyo 2 Malang tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus. Tahapan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan data hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan pada siklus I dan siklus II menunjukkan: 1) penerapan media digibook (buku digital) dapat meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran IPA materi benda langit. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan aktivitas guru pada siklus I dengan persentase sebesar 78,36% dan pada siklus II dengan persentase sebesar 88,66% dengan peningkatan sebesar 10,30%, 2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA menunjukkan peningkatan dari setiap siklus. Pada siklus I persentase rata-rata indikator keaktifan siswa 64,12% yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84,16% dengan peningkatan sebesar 20,04%. Persentase keaktifan siswa yang mengalami peningkatan terbesar yaitu pada aspek visual activities sebesar 92,54%. Dapat dikatakan bahwa penerapan media digibook (buku digital) dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN Girimoyo 2 Malang.

Keywords


aktivitas siswa, media digibook (buku digital), pembelajaran IPA

Full Text:

PDF