PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA IKM BATIK DI MALANG RAYA

Chauliah Fatma Putri, Adya Hermawati, Dwi Purnomo

Abstract


Keberhasilan suatu usaha dipengaruhi oleh banyak faktor. Industri kecil menengah batik Malang khususnya di Malang Raya, merupakan usaha yang berbasis kearifan lokal. Usaha ini tergolong masih belum sepopuler di daerah dimana batik banyak dikembangkan seperti di Pekalongan, Yogyakarta, dan Solo. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis kontribusi umur, jenis kelamin, pendidikan, lama usaha terhadap karakteristik individu; mendeskripsikan dan menganalisis kontribusi motivasi, optimisme, self effication, dan self management terhadap karakteristik kewirausahaan, serta menganalisis pengaruh langsung karakteristik individu dan karakteristik kewirausahaan terhadap kinerja usaha, baik kinerja penjualan, laba, modal, pasar, maupun tenaga kerja. Ruang lingkup penelitian meliputi industri kecil menengah batik di Malang Raya, yaitu Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, yang telah beroperasi minimal tiga tahun. Responden meliputi pemilik dan atau pengelola industri kecil menengah batik di Malang Raya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator jenis kelamin, lama usaha, jenjang pendidikan dan usia memberikan kontribusi pengaruh yang tidak signifikan terhadap karakteristik individu, sedangkan indikator motivasi, optimisme, self effication, dan self management memberikan kontribusi pengaruh yang signifikasn terhadap terbentuknya karakteristik kewirausahaan. Karakteristik individu memiliki pengaruh positif yang tidak signifikan terhadap kinerja usaha batik di Malang Raya, sedangkan dan karakteristik kewirausahaan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja usaha batik di Malang Raya

Keywords


industri kecil menengah batik, karakteristik individu, karakteristik kewirausahaan, kinerja usaha.

Full Text:

PDF