FAKTOR MANAJEMEN BIAYA DAN MANAJEMEN PEMASARAN TERHADAP PENDAPATAN MELALUI INTENSITAS PRODUKSI PADA UKM INDUSTRI RUMAHAN DI KOTA BINJAI

Mulkanuddin ., Irawan ., Miftah .

Abstract


Para pengusaha UKM khususnya pada olahan kerupuk, tahu dan tempe di Kota Binjai banyak mengeluhkan minimnya pendapatan operasional yang dihasilkan. Harga yang dijual terkadang tidak sebanding dengan tingginya harga bahan baku. Belum lagi biaya tenaga kerja dan faktor cuaca yang turun menambah beban operasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali faktor manajemen biaya dan manajemen pemasaran melalui intensitas produksi terhadap pendapatan operasional. Populasi sasaran dalam penelitian ini yaitu para pelaku usaha industri rumahaan pengolahan kerupuk, tahu dan tempe di Kota Binjai dengan menarik sampel menggunakan teknik probability sampling berjumlah 104 pelaku usaha. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil analisis penelitian ini diharapkan mampu menjadi masukan bagi para pelaku usaha kecil menengah dalam menjalankan kegiatan usahaanya mencapai pendapatan yang optimal. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa manajemen biaya dan manajemen pemasaran berpengaruh signifikan terhadap intensitas produksi. Manajemen biaya dan manajemen pemasaran berpengaruh signifikan terhadap pendapatan. Manajemen biaya dan manajemen pemasaran berpengaruh signifikan terhadap pendapatan melalui intensitas produksi.

Keywords


Manajemen Biaya, Manajemen Pemasaran, Intensitas Produksi dan Pendapatan.

Full Text:

PDF