MODEL STRATEGI PERBANKAN SYARIAH MENGHADAPI PERSAINGAN PERBANKAN DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

Cakti Indra Gunawan, Ahmad Mukoffi, Adrian Junaidar Handayanto

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk : 1. Menemukan model baru (inovasi dan pengembangan) strategi yang tepat bagi perbankan syariah di Indonesia dalam menyikapi persaingan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), 2. Menemukan model strategi manajemen yang ideal, efisien, bijaksana dan workable berbasiskan Al-Quran dan Hadits guna membantu operasional pihak industri perbankan syariah di Indonesia dalam melayani lebih banyak masyarakat yang mana model tersebut sesuai dengan karakter ekonomi dan sosial dan budaya masyarakat Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dan literature comparation serta desk evalution. Analisis SWOT juga digunakan untuk mengetahui peluang (opportunity) dan kekuatan (strengths), serta mengatasi ancaman (threats) dan kelemahan (weaknesses) pada perbankan syariah di Indonesia. Selanjutnya yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah Laporan Perkembangan Perbankan Syariah, Statistik Perbankan Syariah mulai 2012 sampai 2017 yang dikeluarkan Bank Indonesia dan Otorisasi Jasa Keuangan (OJK). Hasil penelitan menunjukkan bahwa untuk menguatkan strategi perbankan syariah diperlukan Strategi KPPS (strategi penguatan bidang keuangan, Produksi, Pemasaran dan Sumbedaya Manusia). Dengan model strategi ini akan memberikan kekuatan signifikan dalam mengatasi persaingan perbankan di era MEA.

Keywords


Indonesia, Model, Perbankan Syariah. Strategi.

Full Text:

PDF