Peluang Pemuatan Energi Matahari ke Kurikulum Sekolah Menengah Pertama

Yus Mochamad Cholily, Ahsanul Inam, Siti Inganah, Mahfud Effendi, Machmud Effendy

Abstract


Salah satu program jangka panjang, 2010-20125, yang dikembangkan oleh Kemenristek dalam buku putihnya, adalah energi terbarukan. Konsep energi yang dimunculkan dalam K13 lebih mengarah pada apa itu energi, bagaimana perubahan energi dan sumber energi. Konsep tentang energi terbarukan masih bukan menjadi materi yang penting. Pada paparan ini mengupas tentang peluang dan tantangan energi terbarukan khususnya energi matahari untuk diajarkan pada siswa SMP. Selama ini tidak ada kajian yang spesifik dalam mata pelajaran yang mendiskusikan energi matahari. Oleh karena itu, salah satu kajian penting adalah bagaimana memasukkan materi energi terbarukan pada kurikulum SMP. Secara spesifik bagaimana materi tersebut bisa dimasukkan dalam mata pelajaran ketrampilan. Hal ini diharapkan tidak hanya teori namun juga pada praktik-praktik sederhana tentang energi terbarukan.

Keywords


Energi terbarukan, kurikulum.

Full Text:

PDF