PENGARUH DERAJAT KEEFEKTIVAN PROSES PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN VARIABEL MEDIASI EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Natalina Premastuti Brataningrum, Laurentius Saptono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh derajat keefektivan proses pembelajaran pada kompetensi dasar siklus akuntansi perusahaan jasa terhadap prestasi belajar dengan variabel mediasi efikasi diri dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratori (exploratory research).Penelitian dilaksanakan dari bulan Februari sampai dengan April 2017. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Jurusan IPS di Kabupaten Sleman yang telah mendapatkan pembelajaran pada kompetensi dasar mempratikkan siklus akutansi perusahaan jasa berdasarkan Kurikulum 2013 pada tahun akademik 2016/2017. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 228 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan Partial Least Squares SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) derajat keefektivan proses pembelajaran pada kompetensi dasar siklus akuntansi perusahaan jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa; 2) derajat keefektivan proses pembelajaran pada kompetensi dasar siklus akuntansi perusahaan jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri siswa; 3) derajat keefektivan proses pembelajaran pada kompetensi dasar siklus akuntansi perusahaan jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa; 4) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa; 5) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa; 6) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Keywords


efikasi diri, keefektivan proses pembelajaran, motivasi belajar, prestasi belajar siswa

Full Text:

PDF