IbM GURU MAPEL DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI SHARE RESOURCE BERBASIS WEB SECARA KOLABORATIF

Erly Wahyuni, Shobbah Sabilil M

Abstract


Era globalisasi telah membawa peran yang sangat penting dalam mengarahkan dunia pendidikan kita dengan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran. Untuk membekali literasi TIK bagi guru perlu adanya kegiatan pelatihan dan pendampingan berbasis TIK.. Tujuan dari kegiatan IbM ini adalah memberikan keterampilan para guru dalam memanfaatkan TIK untuk pembelajaran yang interaktif yang dapat menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dan membuat media pembelajaran dengan PPT sebagai share resource berbasis web secara kolaboratif dengan memperhatikan karakter peserta didik yang akan dicapai. Kegiatan IbM ini dilakukan di dua lembaga mitra yaitu MTs Muhammadiyah I dan MTs Surya Buana Malang dengan sasaran para guru mapel dengan metode tahapan- tahapan, yaitu: (a) Workshop: (b) Pelatihan (c) Pendampingan, (d) Implementasi dan (e) Evaluasi dan Refleksi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa para guru di ke dua sekolah mitra sudah memiliki kemampuan untuk membuat media pembelajaran sebagai share resource yang ditandai dengan a) guru mampu menentukan materi dan jenis media interaktif yang menjadi share resource berbasis Web secara kolaboratif,b) guru mampu membuat manual penggunaan media pembelajaran yang menjadi share resource berbasis Web yang sudah direview dan diedit dengan sistem collaborative skill, c) guru mampu mengintegrasikan media yang menjadi share resource kedalam rancangan pembelajaran berbasis Web. Kesimpulannya sesuai dengan model pemanfaatan TIK bahwa sekolah telah mengeksplorasi TIK untuk pengelolaan pembelajaran dan telah memasuki tahap dari applying menuju infusing.

Keywords


guru mapel, media sebagai share recource, web, collaborative skill

Full Text:

PDF