MEMOTRET KEMAMPUAN INTELEKTUAL SISWA SD DI PEDUSUNAN

Erita Yuliasesti Diahsari

Abstract


Pendidikan adalah pilar bangsa yang akan mendorong tumbuh kembangnya sumber daya manusia yang sehat dan bermartabat. Siswa sekolah dasar menjadi salah satu bagian tanggung jawab masyarakat dan negara dalam membentuk individu yang berbudi pekerti serta menjadi generasi cerdas. Paparan ini bertujuan untuk memotret kemampuan intelektual siswa-siswa Sekolah Dasar pada area pedusunan yang ada di wilayah kabupaten Bantul, Yogyakarta melalui aktivitas Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan secara periodik dari tahun 2009 sampai dengan 2017. Sebanyak 464 siswa Sekolah Dasar berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan menjadi testee pada tes inteligensi yang diselenggarakan. Hasilnya menunjukkan bahwa 26.51% siswa termasuk dalam golongan siswa cerdas, dan 20.26% lainnya termasuk dalam kategori intelektual di atas rata-rata dan 36.42% termasuk dalam kategori intelektual rata-rata. Hanya sebagian kecil yang memiliki kapasitas di bawah rata-rata ataupun yang mengalami gangguan intelektual. Hasil tersebut menunjukkan potensi kecerdasan siswa yang memadai meskipun bersekolah di wilayah pedusunan. Potensi ini perlu dikembangkan agar siswa-siswa yang bersekolah di daerah pedusunan juga mendapatkan layanan pendidikan yang baik untuk mewujudkan cita-cita bangsa yang cerdas dan berbudi mulia.

Keywords


kemampuan intelektual, pedusunan, siswa

Full Text:

PDF