DISEMINASI PRODUK TEKNOLOGI KE MASYARAKAT TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DESA

Fauziyah ., Djoko Siswanto Muhartono, Riska Nurtantyo Sarbini

Abstract


Mengacu pada Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan NKRI. Undang-undang tersebut, menyatakan bahwa pengaturan desa mempunyai tujuan membentuk pemerintahan desa yang profesional, efisien dan efektif, terbuka, serta bertanggungjawab dan meningkatkan pelayanan publik bagi warga masyarakat desa guna mempercepat perwujudan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu desa merupakan unit strategis dalam mencapai kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan kepada masyarakat desa. Pelayananadministrasi merupakan salah satu pelayanan publik dari pemerintahan desa. Pada umumnya Pelayanan publik yang dilakukan oleh desa cenderung memiliki beberapa permasalahan, seperti lamanya sistem pelayanan administrasi, hal ini disebabkan karena sistemnya masih manual sehingga prosesnya lebih lama. Masalah kearsipan dokumen yang belum tertib, lemahnya sistem pengawasan dan pengendalian terhadap pelayanan desa. Ada dua desa yang menjadi Diseminasi Produk Teknologi Sistem Informasi Manajemen Desa, yaitu Desa Turus Kecamatan Gampengrejo dan Desa Sumberkepuh Kecamatan Tanjunganom. Selama ini kedua desa tersebut dalam memberikan pelayanan ke publik masih menggunakan sistem manual dengan fasilitas dan sarana yang masih sangat sederhana padahal masyarakat yang harus dilayani cukup banyak. Rata-rata kedua desa tersebut setiap harinya melayani kepentingan masyarakat 50 orang perhari dengan keperluan yang berbeda, sedangkan fasilitas pelayanan masih manual sehingga waktu pelayanan cukup lama dan tidak efektif.Produk Teknologi Sistem Informasi Manajemen Desa yang akan didesiminasikan diberi nama SimPelMas (Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Desa). Aplikasi ini terdiri dari Sistem Tata Kelola Kearsipan, Sistem Layanan kepada Masyarakat dan Sistem Keuangan Desa. Target dalam Diseminasi Teknologi Sistem Informasi Manajemen Desa yaitu: (1) Desa mampu memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas kepada masyarakat dengan cepat dan mudah; (2) Penerapan dan penggunaan Aplikasi Pelayanan administrasi desa ke publik secaraElektronik, (3) Penggunaan Aplikasi Tata kelola kearsipan di desa secara Elektronik, (4) Aparat desa mampu mengelola dan menggunakan Teknologi Sistem Informasi Desa; (5) Semua perangkat komputer di desa dapat terkoneksi satau sama lainnya melalui jaringan. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini adalah: Pendampingan Penerapan dan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Desa secara Elektronik. Luaran berupa produk adalah Aplikasi Teknologi Sistem Informasi Manajemen Desa.

Keywords


.

Full Text:

PDF