Desain Kurikulum Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang dengan tools Lective Huluakan

Galih Wasis Wicaksono, Hari Windu Asrini, Daroe Iswatiningsih

Abstract


Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) merupakan salah satu amanat Undang – Undang No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Dikti). Pada praktiknya perancangan atau restrukturisasi KPT yang dilaksanakan oleh program studi membutuhkan waktu yang lama dan tentunya membutuhkan kolaborasi berbagai pihak guna memperoleh struktur kurikulum yang baik. Lective™ sebagai platform perancangan kurikulum menyediakan solusi komprehensif melalui Lective Huluakan. Lective Hulukan adalah tools perancangan KPT berbasis online yang menyediakan alur, panduan penyusunan serta basis data. Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah memanfaatkan Lective Huluakan dalam perumusan kurikulum 2017. Pada pemanfaatannya Lective Huluakan menyediakan fitur kelola hasil tracer study, kelola profil lulusan, kelola capaian pembelajaran lulusan, kelola bahan kajian dan penelusuran atau pembobotan bahan kajian, serta pembentukan mata kuliah. Dengan Menggunakan Lective Huluakan, Program Studi Teknik Informatika UMM telah membentuk 54 mata kuliah dengan pengguna 27 orang dosen.

Keywords


Kurikulum, Pendidikan Tinggi, Lective.

Full Text:

PDF