IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM RANGKA MANUSIA DI SD MUHAMMADIYAH TERPADU PONOROGO

Yovi Litanianda, Mohammad Bhanu Setyawan

Abstract


Pembelajaran yang menekankan pada keaktifan siswa atau student center learning membutuhkan media pembelajaran yang interaktif. Media pembelajaran interaktif dapat diwujudkan dengan memanfaatkan Information Communication and Technology (ICT). Materi pelajaran IPA mengenai rangka manusia yang biasanya hanya dibantu dengan alat peraga atau hanya berupa gambar dapat dibuat jadi lebih menarik dan interaktif melalui teknologi augmented reality. Augmented reality akan menampilkan animasi 3 dimensi sistem rangka manusia yang disertai dengan informasi pengetahuan tentang rangka apabila siswa mampu menunjukkan marker (kode gambar) yang sesuai. Model pembelajaran seperti ini akan merangsang siswa untuk aktif mencari dan menemukan marker yang sesuai agar ia bisa memperoleh materi pelajaran. 51 orang siswa SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo (SDMT) dilibatkan untuk mengisi kuisioner penilaian tingkat ketertarikan siswa mengenai media pembelajaran menggunakan augmented reality. Tanggapan responden mengenai hal tersebut secara umum yaitu mudah, menarik dan jelas atau dapat dijabarkan dalam 4 aspek yaitu: (1).Aspek kemudahan penggunaan, 51% pengguna menilai aplikasi cukup mudah digunakan, (2).Aspek ketertarikan terhadap tampilan aplikasi, 70,6% pengguna menilai aplikasi menarik, (3).Aspek ketersediaan informasi, sebesar 52,9% penggunaan menilai informasi yang tersedia cukup lengkap, (4).Aspek aplikasi menjawab kebutuhan siswa, sebesar 74,5 % penggunaan menilai aplikasi cukup menarik. Dari keempat aspek penilaian tersebut secara keseluruhan aplikasi memperoleh poin 74,5 % atau dengan kata lain berada dalam kategori bagus.

Keywords


augmented reality, media pembelajaran, sistem rangka manusia

Full Text:

PDF