MEDIA BELAJAR UNTUK MELATIH FOKUS DAN GERAK KAKI BERBASIS SERIOUS GAMES

Nunuk Wahyuningtyas, Tri Sagirani

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan seorang anak, tanpa terkecuali bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Merancang dan membangun aplikasi untuk mendukung pengembangan media belajar berbasis serious games yang tepat bagi ABK khususnya kelompok yang memiliki keterbatasan dalam intelektualitas untuk mengenal informasi tentang kiri dan kanan. Pergerakan kaki ke kiri dan ke kanan mengikuti alur animasi yang muncul di layar media pembelajaran menjadi alternatif yang menarik dalam proses belajar ABK. Pemanfaatkan peralatan input berupa dancepad dalam proses belajar mampu menghadirkan pengalaman yang lebih seru dan menarik. Dengan demikian penyusunan aplikasi media pembelajaran ini selain dapat membantu proses pembelajaran juga dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian ABK dalam mengenal konsep kiri dan kanan. Dari hasil rekaman, observasi dan wawancara bersama ABK dan pendamping mendapatkan hasil rata-rata peningkatan kemampuan ABK sebesar 56% untuk pengukuran masing-masing aktivitas pada baseline, intervensi dan pasca intervensi.

Keywords


serious games, media belajar

Full Text:

PDF