ANALISIS AERODINAMIKA SUDUT DEFLEKSI SPOILER PESAWAT TERBANG

Gunawan Wijiatmoko

Abstract


Spoiler merupakan salah satu bidang kendali sekunder yang dipasang pada bagian atas sayap pesawat terbang sebelah kiri dan kanan. Secara umum, fungsi dari spoiler adalah membantu kerja bidang kendali primer dalam mengatur pergerakan pesawat terbang pada saat terbang, mendarat maupun pada saat melakukan pergerakan di darat. Pada saat dioperasikan, maka spoiler membuka ke atas dan membentuk sudut terhadap sayap. Pengujian terhadap sudut defleksi 0o, 20o, 40o dan 60o menggunakan model uji aerodinamika telah dilakukan di Balai Besar Teknologi Aerodinamika, Aeroelastika, dan Aeroakustika (BBTA3), dengan tujuan untuk mendapatkan sudut defleksi spoiler yang efektif. Metode pengujian yang digunakan adalah dengan menempatkan model uji di dalam terowongan angin (Wind Tunnel). Analisis dilakukan dengan mengevaluasi gaya dan momen aerodinamika yang terjadi pada model uji akibat hembusan angin yang diberikan ke model uji. Gaya dan momen aerodinamika diukur dengan external balance 6 komponen. Kecepatan angin adalah 65 m/s. Selain difokuskan pada gaya/momen : Lift, Drag dan Pitching Moment, analisis juga dilakukan terhadap kestabilan longitudinal. Hasil analisis data pengujian menunjukkan semua sudut defleksi memberikan kestabilan longitudinal, dan sudut defleksi 60o paling efektif, terutama untuk pengereman saat mendarat.

Keywords


Bidang Kendali, External Balance, Gaya/Momen Aerodinamika, Kestabilan Longitudinal, Terowongan Angin.

Full Text:

PDF