EFEKTIFITAS PEER HEALTH EDUCATION TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN MASALAH KESEHATAN JANTUNG

Riza Fikriana, Al Afik

Abstract


Penyakit jantung merupakan penyebab kematian utama di Indonesia. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu kurangnya perilaku hidup sehat dalam upaya mencegah masalah kesehatan jantung. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan promosi kesehatan menggunakan metode Peer Health Education. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas metode Peer Health Education terhadap pengetahuan masayarakat tentang masalah kesehatan jantung. Desain penelitian menggunakan quasy eksperimnetal dengan pendekatan pretest – posttest. Sampel adalah kelompok masyarakat beresiko yang diambil dengan teknik purpossive sampling sebanyak 58 orang serta terbagi menjadi kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner. Pengukuran dilakukan sebelum perlakuan dan dua minggu sesudah perlakuan. Analisis data menggunakan Uji Regresi linier dengan taraf signifikansi 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peer Health Education efektif meningkatkan pengetahuan responden dengan p-value sebesar 0,013. Peer Health Education tentang pola hidup sehat meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk merubah perilaku hidup sehat, sehingga harapannya hal ini akan mempengaruhi sikap dan perilaku masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat. Dengan melakukan pola hidup sehat, masyarakat akan terhindar dari masalah kesehatan jantung sehingga dapat menekan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit jantung.

Keywords


Kesehatan Jantung, Peer Health Education, Pengetahuan

Full Text:

PDF