KEANEKARAGAMAN MAKROFAUNA PADA EKOSISTEM SUNGAI BRANTAS DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI MODUL BIOLOGI BERBASIS RISET UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

Santy Pristya Putri, Moh. Amin, Elly Purwanti

Abstract


Pembelajaran biologi menuntut adanya interaksi antara subjek belajar dengan objek yang dipelajari sehingga kompetensi afektif, kognitif, dan psikomotorik dapat tercapai sesuai dengan Kurikulum 2013. Salah satu materi yang dekat dengan kehidupan siswa adalah keanekaragaman hayati. Sungai Brantas area Kampus III Universitas Muhammadiyah Malang merupakan salah satu sumber keanekaragaman hayati yang dekat dengan lingkungan pendidikan namun belum diketahui tingkat keanekaragamannya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan keanekaragaman makrofauna ekosistem Sungai Brantas area Kampus III Universitas Muhammadiyah Malang, (2) menghasilkan modul Biologi berbasis riset untuk siswa kelas X SMA/MA, (3) menjelaskan validitas dan keterbacaan modul Biologi berbasis riset untuk siswa kelas X SMA/MA. Metode pengumpulan data pada penelitian tahap I dilakukan dengan pengambilan langsung makrofauna pada stasiun pengambilan sampel. Penelitian tahap II dilakukan dengan metode pengembangan ADDIE tanpa melalui tahap Implementation. Hasil penelitian tahap I menunjukkan makrofauna yang ditemukan adalah Parathelphusa convexa, Sulcospira testudinaria, Tarebia granifera, Barbonymus gonionotus, Poecilia reticulate. Keanekaragaman jenis makrofauna adalah rendah. Indeks kemerataan dan dominansinya juga tergolong rendah. Indeks Nilai Penting (INP) tertinggi adalah Tarebia granifera. Hasil penelitian tahap II dihasilkan modul Biologi tentang keanekaragaman makrofauna ekosistem sungai dengan presentase validitas ahli bahan ajar, ahli materi, praktisi pendidikan sebesar 95,63%, 92,64%, 97,50%  (sangat valid) dan hasil uji keterbacaan siswa sebesar 90,33% (sangat valid).

Keywords


ekosistem sungai, keanekaragaman; makrofauna; modul berbasis riset

Full Text:

PDF