Literasi Lingkungan Melalui Pendidikan Lingkungan di Masa Pandemi Covid-19

Nina Dwi Mardiani, H. Husamah, Diani Fatmawati, Fuad Jaya Miharja, Ahmad Fauzi

Abstract


Pandemi covid-19 telah banyak mengubah sistem tatanan negara diseluruh dunia termasuk sistem pendidikan di Indonesia. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia mengambil upaya pembelajaran yang mengharuskan untuk belajar dirumah (e-Learning). Walaupun dengan banyak keterbasan diharapkan tujuan pembelajaran tercapai dengan baik, salah satunya pendidikan lingkungan guna membentuk literasi lingkungan yang baik setiap individu. menggunakan metode studi literatur agar semua informasi terserap untuk mengetahui pendidikan lingkungan serta literasi lingkungan di masa covid-19. Berdasarkan temuan penilitian bahwa literasi lingkungan yang baik diperoleh melalui pendidikan lingkungan yang baik pula seperti program sekolah adwiyata. Pendidikan lingkungan sangatlah penting bagi peserta didik karena akan membentuk sikap dan perilaku agar lebih peduli terhadap lingkungan yang ada disekitarnya serta mempengaruhi kwalitas kemampuan literasi lingkungan keluarganya. Akibat Pandemi covid-19 juga menyadarkan banyak keluarga untuk semakin peduli terhadap lingkungannya serta mengingatkan manusia jika alam memberi waktu untuk memulihkan diri dari aktivitas manusia yang telah banyak menimbulkan kerusakan serta kerugian bagi alam.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. I. S. S., & Halim, L. (2010). Development of instrument measuring the level of teachers’ Pedagogical Content Knowledg (PCK) in environmental education. Procedia-Social and Behavioraz Sciences, 9, 174–178.

Creswell, J. W. (2014). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Pustaka Pelajar.

Handayana, I. G. N. Y., Angraini, L. M., Sudiarta, I. W., Qomariyah, N., & Alaa, S. (2019). Gerakan zero waste sebagai pendidikan lingkungan bersih. Jurnal WartanDesa, 1(3), 279–288.

Masruri, M. S. (2002). Pendidikan lingkungan hidup. Yogyakarta University Press.

Nurwidodo, N., Amin, M., Ibrohim, I., & Sueb, S. (2019). The role of eco-school program (adiwiyata) towards environmental literacy of high school student. Erupean Journal of Educational Research, 9(3), 1089–1103. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1089

Rimbano, D., & Rahma, M. (2019). Kebijakan kurikulum berbasis lingkungan melalui program adiwiyata di sekolah menengah atas. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis2, 24(3), 274–287. https://doi.org/doi.org/10.35760/eb.2019.v24i3.1876

Setyobudi, F., & Saliman. (2018). Pendidikan lingkungan hidup di SMP Negeri 3 Kebumen Jawa Tengah. JIPSINDO, 5(1), 1–20.

Sugandhy, A., & Hakim, R. (2007). Prinsip dasar kebijakan pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan. Aksara Bumi.

Tamara, R. M. (2016). Peranan lingkungan sosial terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan peserta didik di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Pendidikan Geografi, 16(1), 44–55.

Widianingsih, W. M., Karyanto, P., Prayitno, B. A., & Irawati, M. (2017). Pembelajaran lingkungan melalui pengembangan subjek spesifik pedagogi berbasis Problem Base Learning untuk menguatkan literasi lingkungan siswa kelas X MIA SMA. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 441–448.

Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan berbasis ekopedagogik dalam menumbuhkan kesadaran ekologis dan mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 27–34. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6153

Zainuddin, S. (2020). Keragaman sistem pembelajaran di masa Covid-19 pada sekolah dasar Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep. In Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA