Pendidikan Lingkungan di Pondok Pesantren pada Masa Pandemi Covid 19

Dewi Arif Hidayati, H. Husamah, Diani Fatmawati, Fuad Jaya Miharja, Ahmad Fauzi

Abstract


Melihat kondisi di era pandemi COVID 19 ini, atas kebijakan Kemendikbud pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara daring/jarak jauh. Namun beberapa lembaga pesantren melaksanakan pembelajarannya secara luring/tatap muka.  Pendidikan lingkungan tidak hanya perlu dibelajarkan pada lembaga pedidikan umum, tetapi perlu diterapkan pula di pondok pesantren. Pondok pesantren menjadi wadah yang cocok untuk mengimplementasikan pendidikan lingkungan, karena tidak hanya sekedar teori namun dapat langsung diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi pendidikan lingkungan di pondok pesantren saat pandemi dengan cara menyediakan fasilitas bagi santri untuk selalu menjaga kebersihan misalnya tempat cuci tangan dan tempat sampah. Unjuk kerja pembuatan produk sebagai tugas akhir mata pelajaran juga bisa menjadi implementasi pendidikan lingkungan. Misalnya guru mengajak santri untuk membuat mini garden dan berbagai kerajinan tangan yang memanfaatkan barang bekas. Tidak hanya dari santri, peran pengajar juga sangat dibutuhkan dalam pembiasaan sikap peduli lingkungan. Seperti kebiasaan pengajar untuk mengajak santri agar selalu memperhatikan kondisi kebersihan kelas sebelum memulai pembelajaran, memberikan motivasi terkait fadilah dan hikmah dari menjaga kebersihan lingkungan dan lain sebagainya.

Full Text:

PDF

References


Ali, S. M. (2018). Tinjauan mata pelajaran IPS SMP pada penerapan pendidikan lingkungan hidup untuk peduli akan tanggung jawab lingkungan. Jurnal Geografi,. Edukasi Dan Lingkungan, 2(1).

Aripin, I. (2017). Pembelajaran pendidikan lingkungan hidup berorientasi 3R (reuse, reduce and recycle) untuk meningkatkan kreativitas dan sikap peduli lingkungan. Jurnal Bio Education, 2(2).

Aulia, R. N. (2017). Pengelolaan lingkungan berbasis pesantren (studi kasus di pondok pesantren nurul hakim lombok NTB). Indonesia. Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 1(2).

Fien, J. (1993). Education for the environment. Victoria: Deakin University.

Hadi, B. S. (2014). Pengaruh pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup terhadap perilaku pedulilingkungan. Socia, 11(1).

Herliandry, L. D. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1).

Ichsan, I. Z. (2020a). HOTS-AEP-COVID-19 and ILMIZI learning model: The 21st-century environmental learning in senior high school. JPBI, 6(2).

Ichsan, I. Z. (2020b). PEB-COVID 19 : analisis perilaku mahasiswa dan model ILMIZI di pembelajaran lingkungan. Jurnal Iqra’, 5(1).

Kusuma, J. W. (2020). Platform whatsapp group dan webminar zoom dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi COVID 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1).

Nisa, Z. K. (2019). Pengembangan pendidikan lingkungan hidup di pondok pesantren kabupaten Blitar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(1), 105.

Rezkita, S. &. (2018). Pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup membentuk karakter peduli lingkungan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan KeSDan, 4(2).

Setyobudi, F. & S. (2018). Pendidikan lingkungan hidup di SMP Negeri 3 Kebumen Jawa Twngah. JiPSINDO, 5(1).

Syaiful, F. F. (2020). Pondok pesantren safinda IV bangkalan di tengah pandemi COVID 19. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2).

Umam, K. (2018). Implementasi pendidikan lingkungan hidup pada sekolah adiwiyata SDN Dinoyo 2 Kota Malang (Skripsi) Universitas Islam Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA