Keragaman Sistem Pembelajaran di Masa Covid-19 Pada Sekolah Dasar Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep

Z. Zainuddin, S. Sama'

Abstract


Sistem pembelajaran edisi covid-19 sangat penting untuk di dorong dalam rangka menjamin keberlangsungan pembelajaran yang mandiri, bermkna dan berpengalaman luas bagi siswa. Keragaman sistem pembelajaran yang dilaksanakan mendorong untuk tercapaianya tujuan pembelajaran,  kemnadirian belajar dan pengalaman belajar siswa yang leih luas.  Pendalaman informasi dan pengambilan data mengenai keragaman sistem pembelajaran di sekolah dasar kecamatan Ambunten menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam dengan informan meliputi kepala sekolah, guru, siswa dan wali murid.  Observasi non partisipan dilakukan untuk menjaga ketersinggungan dan memberikan kenyamanan tanpa merasa terbebani selama pelaksanaan sistem pembelajaran di masa covid-19 berlangsung. dan studi dokumenter untuk mendukung data yang diperoleh dari sumber atau informan melalui laporan dan oto kegitan sistem pembelajaran di masa covid-19 pada SDN Ambunten Timur I, SDN Ambunten Timur II, SDN Campor Barat II. Berdasarkan temuan penilitian bahwa keragaman sistem pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan sistem quasi home schooling dan learning visit sebagai upaya dalam menjamin keberlangsungan pembelajaran di edisi covid-19 sehingga sekolah dan orang tua berpartisipasi aktif dalam mewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran, pembelajaran mandiri, bermakna dan mempunyai pengalaman pembelajaran yagn luas.

Full Text:

PDF

References


Bujang, Rahman. 2014. Kemitraan Orang Tua dengan Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa. JPP. 4 (2) http://repository.lppm.unila.ac.id/

Wakhudin. 2020. Covid-19 dalam Ragam Tinjauan Perspektif. Yogyakarta: MBridge Press

Discoll, M. 2002. Blended Learning: Let’s Get Beyond the Hype.

Eggen. Paul., dan Kauchak, Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Edisi 6. Jakarta: Indeks

Graham, C.R. 2005. Blended Learning System. Definisi, Current, and Future Directions. dalam The Hand Book of Blended Learning.

Sari, Milya. 2014. Blended Learning, Model Pembelajaran Abad Ke-21 di Perguruan Tinggi. Ta’dib, Volume 17, No. 2 (Desember 2014)

Harjanto, T., & Sumunar, D. S. E. W. (2018). Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Dalam Jaringan: Studi Kasus Implementas Elok (E-Learning: Open For Knowledge Sharing) Pada Mahasiswa Profesi Ners. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 5, 24-28

Mendez, J. L. 2010. How can parents get involved in preschool? Barriers and engagement in education by ethnic minority parents of children attending Head Start. Cultural Diversity and Ethnic Minority Psychology, 16(1), 26.

Minke, K. M., & Anderson, K. J. 2005. Family-school collaboration and positive behavior support. Journal of Positive Behavior Interventions, 7(3), 181

Dindin, Jamaluddin., Teti, Ratnasih., Heri., Gunawan., Epa Paujiah. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. http://digilib.uinsgd.ac.id/

Zhuodan, Xie & Jiani, Yang. 2020. Autonomous Learning of Elementary Students at Home during the COVID-19 Epidemic: A Case Study of the Second Elementary School in Daxie, Ningbo, Zhejiang Province, China. Best Evid China Edu 2020; 4(2):535-541. Doi: 10.15354/bece.20.rp009

Unung., Verawardina., et all. 2020. Reviewing Online Learning Facing the Covid-19 Outbreak. Online JTDE. 12 No. 3s: Special Issue

Fauzi, I., & Khusuma, I. (2020). Teachers’ Elementary School in Online Learning of COVID-19 Pandemic Condition. Jurnal Iqra’:Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1). 58-70. https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.914

Framz Hardiansyah & Mas'odi. 2020. Implementasi Nilai Religius melalui Budaya Sekolah: Studi Fenomenologi. Jurnal Auntentik. 4 (1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA