Upaya Guru Mengoptimalkan Pembelajaran Daring Kelas I SDN Andulang di Era Pandemi Covid-19

Yeni Puji Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengoptimalkan pembelajaran daring kelas I SDN Andulang di era pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan pengisian angket secara daring. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dalam mengoptimalkan pembelajaran daring dengan cara memulai pembelajaran dengan literasi membaca, melakukan sharing tentang masalah yang dihadapi siswa saat belajar di rumah, memberikan tugas yang dikirim via whatshapp dan memberikan tugas tambahan setiap minggu satu kali yang diberikan pada wali murid.

Full Text:

PDF

References


Azis, Abd. 2019. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Autentik, Vol. 2 No. 1. Januari 2018 : 57-64.

Dewi, Wahyu. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1. April 2020 : 55-61.

Hasbullah. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sohrabi, et. all. 2020. World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery

Suyono & Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wikipedia. 2020. Pandemi Covid-19 di Indonesia [serial online] https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVID-19_di_Indonesia [Di akses tanggal 1 April 2020].

Yurianto, Achmad. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disesase (covid-19). Jakarta: Kementrian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA