Ustadz Madrasah Diniyah di Masa Pandemi Covid 19 dalam Perspektif Teori Strukturasi Anthony Giddens

A. Asmoni, Iwan Kuswandi

Abstract


Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki indegenous knowledge (kearifan lokal) yang beranekaragam. Dalam dunia pendidikan, yang sampai saat ini merupakan pendidikan asli Indonesia adalah pendidikan madrasah diniyah, yang banyak dilaksanakan di pedesaan dan dunia pesantren. Pada masa pandemi saat ini, pendidik (disebut ustadz) di lingkup madrasah diniyah, segala tindakan yang dilakukan oleh ustdaz di madrasah diniyah tersebut, peneliti menggunakan teori dengan teori strukturasi Anthony Giddens, yang menjabarkan tentang makna dari tindakan berdasarkan kesadaran praktis, berdasarkan pengetahuan para pelaku tindakan tersebut.

Full Text:

PDF

References


Giddens, A. (1976). New rules of sosiological method; a positive critique of interpretative sociologies. London: Hutchinson.

Giddens, A. (1979). Problematika utama dalam teori sosial; aksi, struktur, dan kontradiksi dalam analisis sosial. Terjemahan oleh Dariyatno. 2009. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Giddens, A. (2010). Teori strukturasi dasar-dasar pembentukan struktur sosial masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kuswandi, I. (2014). Potret kurikulum madrasah diniyah takmiliyah di kecamatan Pragaan Sumenep. Reflektika, 7(1), 1–14.

Kuswandi, I. (2019a). Akhlaq Education Conception of ibn Miskawaih and al-Ghazali and Its Relevancy to The Philosophy of Muhammadiyah Pesantren. Proceeding of International Conference on Islamic Education: Challenges in Technology and Literacy, 186–197. Retrieved from http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1084

Kuswandi, I. (2019b). Produktivitas kiai dan pengembangan kurikulum madrasah diniyah. Autentik, 3(2).

Kuswandi, I. (2020). Tahapan moral perspektif barat dan Islam (telaah terhadap gagasan Thomas Lickona, Lawrence Kohlberg dan Al-Qur’an). Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 18(1), 158–173.

Kuswandi, I., Maknuun, L., Ridwan, M., Handayani, E. S., Juhdi, M., Fauzi, M., … Katni. (2020). Internalization of anti-corruption value in independent campus pesantren model. Talent Development & Excellence, 12(1), 2815–2829.

Kuswandi, I., Wajdi, M. B. N., Faruq, U. Al, Zulhijra, Khairudin, & Khoiriyah. (2020). Respon kebijakan pemerintah desa terhadap peraturan bupati tentang wajib madrasah diniyah. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 7–14.

Wajdi, M. B. N., Kuswandi, I., Faruq, U. Al, Zulhijra, Khairuddin, & Khoiriyah. (2020). Education policy overcome coronavirus, a study of Indonesians. Edutec: Journal of Education and Technology, 3(2), 96–106.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA