Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 di Kecamatan Kalianget

S. Sama', Syaiful Bahri, Fajar Budiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sinergitas guru dan orang tua dalam pembelajran daring pada masa covid-19 serta memberikan gambaran mengenai faktor-faktor yang menjadi hambatan antara guru dan orang tua dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SD Taman Muda Kecamatan kalianget. Jenis penelitian adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar di SD Taman Muda Kecamatan kalianegt dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket terbuka, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi.  Hasil dari penelitian ini adalah    pandemi Covid-19 sangat berdampak pada dunia pendidikan. Pandemi ini mengakibatkan proses pembelajaran menjadi tidak begitu efektif, sebab proses pembelajaran yang biasanya dilaksanakan di sekolah dengan tatap muka langsung antara guru dan siswa berubah menjadi pembelajaran daring. Peserta didik merasa jenuh dan bosan selama melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran daring yang dilakukan untuk anak usia sekolah dasar dirasa kurang efektif. Ada beberapa faktor pendukung guru dalam proses pembelajaran daring yaitu ketersediannya handphone, kuota dan jaringan internet yang stabil. Selain adanya faktor yang mendukung dalam pembelajaran daring terdapat juga faktor yang sangat penting, yaitu pendampingan dan pembimbingan orang tua dalam proses pembelajran anak dirumah, sehingga sinegitas guru dan orang tua sangat penting dan sangat di butuhkan dalam proses pembelajran anak dengan menggunakan metoda daring. Pembelajaran daring di SD dapat terlaksana dengan cukup baik apabila adanya kerjasama antara guru, siswa dan orang tua dalam belajar di rumah.

Full Text:

PDF

References


Albitar Septian Syarifudin. 2020. Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Metalingua. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 5 No. 1 April 2020.Hal 31-34.

Hidayat Hidayat, Tri Sukitman. 2020. Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Di Mi Tarbiyatus.Shibyan Jadung Dungkek Sumenep. Jurnal Autentik. Vol 4 No 1 (2020). Hal. 33-41. Diakses 24 Juli 2020

http://autentik.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/autentik/article/view/50

Hilna Putria, Luthfi Hamdani Maula, Din Azwar Uswatun. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 4 Tahun 2020 Halm. 861 – 872

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, Volume 2 Nomor 1. Hal 1–12.

Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta.

_______. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). CV Alfabeta.

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra, 22(73), 33.

Wahyu Aji Fatma Dewi (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2020 Halm 55-61


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA