Strategi Pembelajaran Berbasis Karakter Literasi Digital Menghadapi Pandemi COVID-19

Ahmad Yasid

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan yang pertama adalah menakar dan membangun strategi pembelajaran yang menyenangkan dan dirindukan kehadiran seorang pendidik meskipun dalam kondisi pandemi COVID-19. Kedua menciptakan kultur atau budaya baru terhadap proses kegiatan belajar mengajar yang baik dan tidak terlena dan menjadi penyakit berlebihan. Ketiga membumikan karater cinta literasi berbasis digital di era teknologi sebagai pondasi utama bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian yang menyuguhkan seberapa besar pendidikan karakter literasi digital sebagai solusi di era COVID-19. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang hasilnya menyajikan data analisis berupa ulasan temuan dilapangan terkait dengan strategi pembelajaran dan karakter literasi digital yang tidak bisa dielakkan lagi sehingga mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan dunia pendidikan baik pendidik dengan peserta didik, pendidik dengan orang tua/ wali baik peserta didik denga orang tua, sebagai pendidik harus menemukan trobosan inovasi baru dalam proses pembelajaran dan pendidik harus mampu mengelola kelas baik kelas maupun kelas online. Dengan lahirnya COVID-19 ini telah menyebabkan dunia pendidikan diliburkan sementara sebagai penggantinya adalah aktifitas proses pembelajaran dilaksanakan dengan pembelajaran jarak jauh yakni daring atau virtual. 

Full Text:

PDF

References


Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 2(1):55–61.

Dr. Sutikno, MM. 2016. Desain Pembelajaran DALAM TRANSFORMASI PENDIDIKAN TEKNOLOGI. Yogyakarta: Lentera Kreasindo.

Drs. Dharma Kesuma, M. Pd. DKK. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hardiansyah, Framz, and Mas’odi Mas’odi. 2020. “IMPLEMENTASI NILAI RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH: STUDI FENOMENOLOGI.” Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 4(1):15–24.

Hidayat, Hidayat, and Tri Sukitman. 2020. “MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MI TARBIYATUS SHIBYAN JADUNG DUNGKEK SUMENEP.” Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 4(1):33–41.

Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M. Pd. 2011. STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI STANDAR PROSES PENDIDIKAN. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sobon, Kosmas. 2019. “PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MAPANGET KOTA MANADO.” Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 3(2):25–34.

Wibowo, Agus. 2012. PENDIDIKAN KARAKTER STRATEGI MEMBANGUN KARAKTER BANGSA BERPERADABAN. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA