Mendidik Karakter di Sekolah Dasar (Studi Kasus Sebelum Pandemi Covid-19)

M. Ridwan, Moh. Alaikarrahiem M., Girta Nawangsa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali, mengkaji, dan mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter di Sekolah Dasar yakni sebelum Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Huda Desa Ellak Laok dan di SDN Daramista II Kecamatan Lenteng dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Adapun subjek dari penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, Guru Kelas, Siswa, Orang Tua, dan Masyarakat sekitar. Seluruh data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pendidikan karakter, pihak sekolah melakukan 4 hal, yaitu: (1) melakukan pembiasaan rutin; (2) melakukan pembiasaan spontan; (3) melakukan pembiasaan ketealadanan; (4) melibatkan orang tua.

Full Text:

PDF

References


Azis, A. (2018). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(1), 57–64.

Bahri, Saiful. (2015)Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah, TA’ALLUM Vol 03. No 01

Dini Palupi Putri.(2018)Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar vol. 2, no. 1

Peraturan Presiden No 87 Pasal 2 Tahun 2017, Penguatan Pendidikan Karakter,

(http://www.setkab.go.id/wp-content/upload/2017/09/Perpres No 87 tahun 2017, ( Diakses 20 april 2017)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta: Permendikbud.

Ridwan, M. (2013). Konsep Pendidikan Futurologi Meritokrasi. Jurnal Pelopor STKIP PGRI Sumenep.

Ridwan, M. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Permainan Tradisional Siswa Sekolah Dasar di Sumenep Madura. Prosiding Seminar Nasional Prodi PGSD dan Prodi BK FKIP UAD. ISBN: 978-602-70296-8-2.

Ridwan, M. and Wahdian, A., 2017. Structure, Function and Value The Tradition of Oral Literature in Sumenep Madura. ISLLAC: Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, 1(1), pp.252-273.

Ridwan, M., 2017. Tradisi Nyanyian Anak Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(1), pp.49-61.

Ridwan, M., 2018. Learning of local environmental wisdom in oral literature of madurese traditional song in sumenep. ISCE: Journal of Innovative Studies on Character and Education, 2(1), pp.93-103.

Ridwan, M., 2018. Literature Syi’ir MaduraAs A Legenskap Of Strengthening Characters In Elementary School. ISCE: Journal of Innovative Studies on Character and Education, 2(2), pp.332-339.

Sukitman, Tri dan Ridwan, M. (2016). Implementasi Pendidikan Nilai (Living Values Education) Dalam Pembelajaran Ips(Studi Terhadap Pembentukan Karakter Anak Di TingkatSekolah Dasar)Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 1

Suryatri, Daryanto. (2013).Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Gava Media: Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sisitem Pendidikan Nasional.

Wuryandani, Maftuh, Sapriya, dan Budimansyah. (2014)Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, Juni 2014, Th. XXXIII, No. 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA