Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas V di Sekolah Dasar

Yasinta Soi, Ummu Aiman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal terhadap penguasaan konsep pada tema lingkungan sahabat kita dikelas V SD Inpres Oesapa Kecil 1 Kota Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan rancangan penelitian  menggunakan One Group Pretest-Posttest design yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Dimana variabel bebas adalah bahan ajar berbasis kearifan lokal sedangkan variabel terikat penguasaan konsep siswa. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas V SDI Oesapa Kecil 1 Kota Kupang Tahun Ajaran 2019/2020, dengan sampelnya kelas VD dengan jumlah 31 siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk mengethahui uji normalitas, homogenitas dan uji-t untuk menguji hipotesis. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS Versi 22,0 For windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam penguasaan konsep dengan belajar menggunakan bahan ajar berbasis kearifan lokal lebih baik dari pada pembelajaran menggunakan buku paket/tematik. Hal ini dapat dilihat pada tes awal (Pretest)  nilai mean 74,35, sedangkan penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal dapat dilihat pada tes akhir (Posttest) dengan mean 85,9 lebih besar dari pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis kearifan lokal. Hal ini juga dapat dilihat pada tes uji-t hasil perhitungan ini didapatkan nilai Sig (2- tailed) 0,000 kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak maka maka H1 diterima karena Asymp Sig (2-tailed) kurang dari 0,005. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan kemampuan penguasaan konsep siswa pada tema lingkungan sahabat kita secara signifikan.

Full Text:

PDF

References


Anderson, L dan Krathwohl, D. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom, Yogyakarta: Pustaka Bealajar.

Alvi Kholidatul Khusna. (2018) Pengaruh Pengunaan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kearifa Lokal Terhadap Kemampuan berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Materi Cahaya di MTS Miftahul Falah Talun Kec. Kayen Kab. Pati. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Azizahwati, (2015) “Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”,Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Universitas Sanata Dharma, Jateng & DIY. Yogyakarta

Lukluah, U. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Islam dan Kearifan Lokal Kelas IV MIN Bancong & MIS Al-Fatah Dimong Kabupaten Madiun.Tesis. UIN Malang.

Samatowa (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks

Sagala, Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Utari, Unga. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori dan Praktik Pembelajaran IPS. Vol. 1 NO. 1 April 2016, Issn 2503 - 1201

Wibowo, Agus dan Gunawan (2015) Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA