Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar

Juventus Donohulu, A. Apelino, Suryadin Hasyda

Abstract


 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan Lembar Kerja Siswa berbasis  discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan rancangan control group design pretest-posttest, model yang dipilih dalam penelitian ini mengikuti rancangan 4-D model Thiagarajan, yaitu pendifinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 41 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu Kelas IBB dengan jumlah siswa 21 orang. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh melalui kegiatan tes, dan angket. Data hasil validasi LKS dari validator menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah valid dan layak digunakan dengan skor 3,80. Sedangkan data hasil implementasi LKS yang dikembangkan dalam pembelajaran dinyatakan bahwa (1) pembelajaran yang dilaksanakan guru baik, (2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran sangat aktif, (3) respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan sangat positif. LKS yang dikembangkan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar dengan perbedaan nilai  rata-rata pretest- posttest, pretest 75,00  berada pada kategori sedang dan posttest nilai mean sebesar 85,00 berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa thitung =3,546 dan ttabel = 4,00 taraf 5%. Berarti thitung > ttabel, maka disimpulkan bahwa    LKS yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Dhari. (2013). Tujuan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Proses Belajar Mengajar. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hosnan. (2014). Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model

Pembaelajaran Discovery Learning. Jurnal Ekuivalen FKIP UMP 8 (1`): 19-24. Jauhar. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Lilis, Nurliawaty (2017). Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Solving Polya. Jurnal pendidikan indonesia. Vol 1. No 1.

Sani, (2019). Pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tsmart Sudjana, Nana (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA