Dampak Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi COVID 19 pada Siswa Sekolah Dasar

J. Jamilah, M. Mulyadi

Abstract


COVID 19 merupakan salah satu virus yang berasal dari China. Di Indonesia penyebaran COVID 19 pada bulan Maret 2020. Salah satu dampak dalam penyebaran COVID 19 adalah bidang pendidikan mulai dari pendidikan dasar samapai perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak pembelajaran daring di rumah bagi siswa pada masa Covid 19. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan tentang kegiatan belajar mengajar di Sekolah Dasar pada masa pandemic COVID 19. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa dan 3 guru sekolah Dasar. Data yang dikumpulkan menggunakan data wawancara semi terstruktur melalui video conference, dokumentasi. Hasil penelitiannya ada beberapa masalah dalam pembelajaran daring atau online yang dialami oleh mahasiswa antara lain penguasaan teknologi informasi yang masih kurang, kuota data internet, jaringan internet yang tidak menjangkau, masalah ekonomi yang dialami oleh orang tua. Pembelajaran ini dapat berjalan baik apabila ada kerjasama antara orang tua, guru, dan siswa selama belajar di rumah masing-masing.

Full Text:

PDF

References


Ashari, M. (2020). Proses Pembelajaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal. PikiranRakyatcom. https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01353818/proses-pembejalaran-daring-di-tengah-antisipasi-penyebaran-virus-corona-dinilai-belum-maksimal

Firman, Sari. R.R. (2020) Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19.Indonesian Journal of Educational Science (IJES).2 (2).

Jamilah, (2019). Kemitraan Pendidikan Anak Usia Dini (Sinergi Tiga Pilar Pendidikan: Keluarga, Sekolah dan Masyarakat, Jurnal SIMULACRA, Volume 2, Nomor 2

Jamilah, (2019) Kesiapan Pendidik dalam Pengelolaan Anak Usia Dini, Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Volume 3, Nomor 2, 86-95 Retrieved from http://autentik.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/autentik/issue/view/16

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran dan Tahun Akedemik Bari di M Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), 15 Juni 2020.

Kemdikbud. 2020. Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. Online. Tersedia: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-setentang-pelaksanaan-pendidikan dalam-masa-darurat-covid19. Diakses, 30 Juni 2020

Melanie, E.P (2020, Juni 27).Pembelajaran daring, apakah efektif untuk Indonesia, Kompas. Retrieved from https://muda.kompas.id/kategori/blog-muda/kata -muda/

Nadeem, S (2020) Coronavirus Covid-19: Available Free Literature Provided By Virus Companie, Journas and Organizations around the literature Provided By Various Companies Journals and Organzations Around the world, March. https//doi.org/10.5281/zenode.3722904.

Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. (2007).The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students.Elektronic Journal ELearning, Vol.5(3).1.

Rizqon Halal Syah Aji (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran, SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Vol. 7 No. 5 (2020), pp. 395-402, DOI: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Rizal, J, G, (2020). Benarkah Virus Corona Penyebab Covid 19 Berasal dari Pasar Wuhan?(Online). Tersedia https;//www.kompas.com/tren/read/2020/09/061000865/benarkah-virus-corona-penyebab-covid-19-berasal-dari-pasar-wuhan (diakses pada tanggal 3 Juli 2020

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta

Wahyudi, N. (2020) Imbas Pandemi virus corona bagi dunia pendidikan Indonesia dan Global (The impact of the corona virus pandemic for the world of education in Indonesia and globally). Retrieved from https://kumparan.com/kumparansains/imbas pandemi-virus-corona-bagi-dunia-pendidikan-indonesia-dan global 1t5YVXRYAbo

WHO. (n.d.).Points of entry and mass gatherings. Retrieved March 28, 2020, from https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus 2019/technicalguidance/points-of-entry-and-mass-gatherings.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA