Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Penerbitan Prosiding: Review Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi V 2019 (Terbit Maret 2020)

Wiranti Mulyandari

Abstract


Berdasarkan review dalam penerbitan “Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi” UMM: Prosiding Seminar Nasional V 2019, Peran Pendidikan dalam Konservasi dan Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan, yang dipublikasikan pada 5 Maret 2020 ditemukan beberapa kesalahan penggunaan bahasa Indonesia yang tidak sesuai dengan kaidah PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) antara lain pada 1) prosiding 1 berjudul “Asesmen Autentik dalam Kegiatan Praktik Pembelajaran Sains” ditemukan sebanyak 4 kesalahan yaitu kesalahan tanda baca, kesalahan penggunaan huruf miring, kesalahan penggunaan huruf abjad, dan kesalahan penulisan huruf serapan. 2) prosiding 2 berjudul “Peran Pendidikan Karakter Sebagai Wujud Pendidikn Berkualitas Sesuai Dengan Tujuan Sustainable Development Goals (Sdgs)” ditemukan sebanyak 4 kesalahan yaitu kesalahan tanda baca, kesalahan penggunaan huruf miring, kesalahan penggunaan huruf abjad, dan kesalahan penulisan huruf serapan. 3) prosiding 3 berjudul “Pengembangan Instrumen Penilaian Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pembelajaran CBL” ditemukan sebanyak 4 kesalahan yaitu kesalahan tanda baca, kesalahan penggunaan huruf miring, kesalahan penggunaan huruf abjad, dan kesalahan paragraf. 4) prosiding 4 berjudul “Tehnik induksi diabetes mellitus menggunakan hewan model Rattus novergicus sebagai sumber belajar biologi” ditemukan sebanyak 2 kesalahan yaitu kesalahan tanda baca dan  kesalahan penggunaan huruf miring. 5) prosiding 5 berjudul “Membangun Karakter dalaM Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Klasifikasi Makhluk Hidup kelas VII SMPIT Insan Permata Malang” ditemukan sebanyak 2 kesalahan yaitu tanda baca dan  kesalahan penggunaan huruf abjad. 6) prosiding 6 berjudul “Pengaruh Konsenstrasi EM-4 terhadap C/N Rasio Kompos Mata Lele (Lemna sp.)” ditemukan sebanyak 2 kesalahan yaitu kesalahan tanda baca dan  kesalahan penggunaan huruf miring. 7) prosiding 7 berjudul ”Studi Keanekaragaman Struktur Morfologi Famili Caesalpinaceae Berdasarkan Indeks Pollen” ditemukan sebanyak 3 kesalahan yaitu kesalahan penggunaan huruf miring, kesalahan diksi, dan kesalahan paragraf.

Full Text:

PDF

References


Anggorowati, E. L., Shinta, A. A. M., Nafi’ah, E. R., & Lathif, S. (2020). Peran Pendidikan Karakter Sebagai Wujud Pendidikan Berkualitas Sesuai Dengan Tujuan Sustainable Development Goals ( Sdgs ). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi V 2019, 354–361. Malang: Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang.

Arasti, A. (2020). Studi Keanekaragaman Struktur Morfologi Famili Caesalpinaceae Berdasarkan Indeks Pollen. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi V 2019, 280–288. Malang: Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang.

Hardiansyah, F., & Mas’odi, M. (2020). Implementasi nilai religius melalui budaya sekolah: Studi fenomenologi. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 15–24.

Hidayat, H., & Sukitman, T. (2020). Model pembelajaran pendidikan karakter di mi tarbiyatus shibyan jadung dungkek sumenep. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 33–40.

Kuswandi, I., Wajdi, M. B. N., Faruq, U. Al, Zulhijra, Z., Khairudin, K., & Khoiriyah, K. (2020). Respon kebijakan pemerintah desa terhadap peraturan bupati tentang wajib madrasah diniyah. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 7–14.

Ngumpriyatin, N. (2020). Penggunaan metode talking ball untuk meningkatkan keterampilan bercerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 25–32.

Nurhasanah, S. (2020). Pengaruh Konsenstrasi EM-4 terhadap C/N Rasio Kompos Mata Lele (Lemna sp.). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi V 2019, 290–299. Malang: Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang.

Nurhasanah, S., Susanti, F. D., Rumperiai, M. G., & Hindun, I. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pembelajaran CBL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi V 2019, 347–353. Malang: Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang.

Palupi, G. (2020). Membangun Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Klasifikasi Makhluk Hidup kelas VII SMPIT Insan Permata Malang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi V 2019, 320–326. Malang: Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang.

Pantiwati, Y., & Nyono, N. (2020). Asesmen Autentik dalam Kegiatan Praktik Pembelajaran sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi V 2019, 385–392. Malang: Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang.

Purnaningtias, F., Aika, N., Fasihah, L., Farisi, M. S. Al, Sucipto, A., & Putri, Z. M. B. (2020). Analisis peran pendidikan moral untuk mengurangi aksi bully di sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 42–49.

Supriani, R., & Siregar, I. R. (2012). Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa. Edukasi Kultura, 67–76.

Susanti, F. D., & Patmawati, P. (2020). Tehnik induksi diabetes mellitus menggunakan hewan model Rattus novergicus sebagai sumber belajar biologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi V 2019, 335–339. Malang: Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang.

Yuni Ertinawati, Ai Siti Nurjamilah, W. N. K. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kesalahan Penggunaan Kaidah Kebahasaan Pada Papan Reklame di Jalan K.H. Zaenal Musthafa Tasikmalaya. Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan, 5(1), 7–18.

Yusrianti, E. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dan Faktor Penyebabnya Pada Proposal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi PNUP. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat 2019 (Pp.496-501, 2019, 496–501. Makassar: Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Yustitia, V. (2020). Pengaruh model inkuiri berbantuan alat peraga edukatif terhadap literasi spasial. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 1–6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA