Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi HOTS Tingkat Sekolah Dasar

Eko Cahyono, Sarifuddin Lathif, Yuni Pantiwati

Abstract


Penyusunan buku ini didasarkan pada kebutuhan bahwa HOTS harus dimiliki oleh peserta didik sebagai upaya mempersiapkan SDM yang kritis dan kreatif sehingga mampu memenuhi tantangan dan tuntutan abad ke-21 yang disebut juga dengan era global atau  era pengetahuan atau era teknologi dan informasi. Semakin baik HOTS seseorang, maka semakin baik pula kemampuannya dalam menyusun strategi dan taktik memenangkan persaingan bebas di era global.

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W., Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives, Complete Edition. New York : Addison Wesley Longman

Apandi, I. (2018). Diakses 30 September 2018. Merancang, Melaksanakan, dan Menilai Hasil Belajar Berbasis HOTS.https://www.kompasiana.com/idrisapandi/5ad42f2da b12ae4a7a749f02/merancangmelaksanakan-dan-menilai-hasil-belajar-berbasishots?page=all

Brookhart, S.M. (2010). How to Assess HigherOrder Thinking Skills in Your Classrom. Alexandria : ASDC

Cahyono, E., Lathif, S., & Pantiwati, Y. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pada Kemampuan Higher-Order Thinking Skill (HOTS) Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional V 2019 Peran Pendidikan Dalam Konservasi Dan Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan, 308–315. Malang, Indonesia: Kota Tua.

Dini, H.N.(2018). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika pp. 170-176, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Heong, Y.M., Othman, W.B., Yunos, J.BM., Kiong, T.T.,Razali, B.H and Mohamad, M.M.B. (2011). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills among Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 1(2) pp. 121-125.

Kemdikbud. (2013). Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud. (2015). Panduan Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Dirjen Pendidikan Menengah Kemdikbud

Kemdikbud. (2016). Panduan Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Dirjen Pendidikan Menengah Kemdikbud

Nitko, A.J., Brookhart, S.M. (2007). Education Assessment of Students. New Jearsey : Merrill Prentice Hall

Rustaman, N.Y. (2011). Pendidikan dan Penelitian Sains dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk Pembangunan Karakter. Prosiding Seminar Biologi 8 (1) pp. 16-34, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Stiggins, R.J. (1994). Student- Centered Classroom Assessment. New York : Macmillan College Publishing Company

Widana, I.W. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud

Widihastuti. (2015). Model Penilaian untuk Pembelajaran Abad 21 (Sebuah Kajian untuk Mempersiapkan SDM Kritis dan Kreatif). Prosiding Seminar Nasional Pengembangan SDM Kreatif dan Inovatif untuk Mewujudkan Generasi Emas Indonesia Berdaya Saing Global pp. 77-86, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Zalsalina, R., Palupi, G., & Riyaningsih, D. (2020). Penilaian Keterampilan Abad Ke-21. Prosiding Seminar Nasional V 2019Peran Pendidikan Dalam Konservasi Dan Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan, 308–315. Malang, Indonesia: Kota Tua.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA