Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Abad 21

Rimtha Zalsalina Perangin Angin, Galuh Palupi, Dewi Rianingsih, Elly Purwanti

Abstract


Instrumen penilaian keterampilan abad 21 merupakan salah satu instrumen penilaian ranah psikomotor, dalam hal ini termasuk ruang lingkup evaluasi pembelajaran IPA. Namun, dalam praktiknya masih banyak guru yang belum melaksanakan penilaian keterampilan abad 21 karena belum tersedianya instrumen tersebut di sekolah. Oleh karena itu, buku ini bertujuan memberikan sedikit pencerahan, sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan guru dalam penilaian  keterampilan abad 21 pada pembelajaran IPA yang relevan sesuai dengan standar penilaian pendidikan.  

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Dahar, R. W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Hamid, S. 2011. Standar Mutu Penilaian dalam Kelas. Yogyakarta: DNA Press.

Mahmud, R. 2013. Evaluasi Penilaian 2: Unjuk Kerja. (Online). (http://rifahmahmud.staff.stainsalatiga.ac.id/2013/01/29/evaluasi-dan-penilaian-2-unjuk-kerja.

Sudjarat, A. 2008. Penilaian Ranah Afektif. Artikel Pendidikan.(Online) (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/08/15/penilaian-ranah-afektif.

Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja (Performance Asesment) Laboratorium pada Mata Pelajaran Fisika sesuai KTSP SMA Kelas X di Kabupaten Gianyar. Bali : Undiksha

Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta : Pusat Penelitian Kebijakandan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional

Widyaningsih, V. 2013. Pengembangan Rubrik Penilaian Portofolio Proses Sains pada Materi Ekosistem di SMP Negeri 1 Wedarijaksa Kabupaten Pati. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Zalsalina, R., Palupi, G., & Riyaningsih, D. (2020). Penilaian Keterampilan Abad Ke-21. Prosiding Seminar Nasional V 2019Peran Pendidikan Dalam Konservasi Dan Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan, 308–315. Malang, Indonesia: Kota Tua.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA