Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Pembelajaran CBL

Siti Nurhasanah, A. Arasti, Farida Dwi Susanti, Moses Gotlief Rumperiai, Iin Hindun

Abstract


Model pembelajaran saat ini yang sedang berkembang adalah Model Pembelajran Conservation based learning (CBL). Model pembelajaran CBL ini merupakan model pembelajaran berbasis konservasi, dimana proses pembelajaran dihubungkan dengan aktivitas konservasi lingkungan. Model pembelajaran ini berkembang pesat di sekolah Kota Malang dan pada tahun 2019 telah merambah ke sekolah-sekolah di Malang Raya. Buku ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan atau informasi mengenai implementasi model pembelajaran CBL khususnya pada aspek pengembangan instrumen penilaian skill berpikir kritis siswa SMA.  

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Grant, J. (2002). Learning needs assessment: assessing the need. BMJ, 324, 156-159. DOI: https://doi.org/10.1136/bmj.324.7330.156

Hairani, Dasna, I. W. & Supriyono, K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind Mapping terhadap Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP Kelas VII Pada Pengetahuan Awal Berbeda. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(2), 154-165. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/10166/4853

Hudha W., Mardikantoro, H. B. & Haryadi, 2018. Quantum Learning Model Influence using Series of Drawings towards the Fifth Grade Students’ Narrative Writing Skill. Journal of Primary Education, 7(3). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/24258

Rosyada, D. (2016). Antara Pendidikan dan Pembelajaran. Retired from: https://www.uinjkt.ac.id/id/antara-pendidikan-dan-pembelajaran/ diakses 3 Januari 2020

Sukarsono, S. (2018). Model pembelajaran CBL/Buku Pegangan Guru. UMM: Malang

Nurhasanah, S., Arasti, A., Susanti, F. D., Rumperiai, M. G., & Hindun, I. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pembelajaran CBL. Prosiding Seminar Nasional V 2019Peran Pendidikan Dalam Konservasi Dan Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan, 347-353. Malang, Indonesia: Kota Tua.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N. & Pudjawan, K. (2014) Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Ulfa, M. & Saifuddin, S. (2018). Terampil memilih dan menggunakan metode Pembelajaran. SUHUF, 30(1), 35-56. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/6721/4066

Wikipedia (2018). Model Pembelajaran. Retrieved from: https://id.wikipedia.org/wiki/Model_pembelajaran diakses 3 Januari 2020

Zhu, G., Chen, B., Li, C. & Li, D. (2019). Examining preservice teachers’ professional learning experience during the international teaching practicums: insights from complexity theory and boundary-crossing construct. Journal of Education for Teaching. DOI: https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1770580


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA