Kesalahan penggunaan Bahasa Indonesia dalam penerbitan jurnal: Review jurnal autentik

Wiranti Mulyandari

Abstract


Berdasarkan review dalam penerbitan jurnal yaitu Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, terdapat beberapa kesalahan pengguaan Bahasa Indonesia pada volume 4, nomor 1 yang terbit pada bulan Januari tahun 2020. Unsur-unsur kesalahan penggunaan Bahasa Indonesia yang dapat ditemukan antara lain kesalahan diksi, kesalahan paragraf, kesalahan penulisan unsur serapan, kesalahan kefektifan kalimat, kesalahan kata hubung, dan kesalahan penulisan kata berimbuhan. Pada unsur-unsur tersebut yang memiliki kesalahan penggunaan bahasa Indonesia paling banyak pada artikel 2 dan 4, sedangkan artikel 1, memiliki sedikit kesalahan penggunaan bahasa Indonesia yaitu hanya ditemukan unsur kesalahan diksi dan kesalahan paragraf saja. Namun, berbeda dengan artikel lainya yang ditemukan kesalahan penggunaan Bahasa Indonesia lebih dari 2 unsur.

Full Text:

PDF

References


Ayudia, E. S., & Waluyo, B. (2016). Analisis kesalahan penggunaan bahasa indonesia dalam laporan hasil observasi pada siswa SMP. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 4(1), 34–49.

Azis, A. (2018). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(1), 57–64.

Damayanti, R. (2017). Penggunaan bahasa alay pada bullying anak di media sosial. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(2), 1–11.

Dinanti, N. F., Susetyo, S., & Utomo, P. (2019). Analisis kesalahan penggunaan bahasa indonesia pada jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(2), 191–202.

Hardiansyah, F., & Mas’odi, M. (2020). Implementasi nilai religius melalui budaya sekolah: Studi fenomenologi. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 15–24.

Hidayat, H., & Sukitman, T. (2020). Model pembelajaran pendidikan karakter di mi tarbiyatus shibyan jadung dungkek sumenep. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 33–40.

Kuswandi, I., Wajdi, M. B. N., Faruq, U. Al, Zulhijra, Z., Khairudin, K., & Khoiriyah, K. (2020). Respon kebijakan pemerintah desa terhadap peraturan bupati tentang wajib madrasah diniyah. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 7–14.

Lidwina, S. (2013). Penulisan paragraf dalam karya ilmiah mahasiswa. Jurnal STIE Semarang, 5(1), 38–47.

Mulasih, M., & Wakhyudi, Y. (2018). Deviasi kata dan perubahan makna bahasa pada sosial media. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(2), 99–107.

Ngumpriyatin, N. (2020). Penggunaan metode talking ball untuk meningkatkan keterampilan bercerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 25–32.

Nursyamsi, N. (2016). Kesalahan penulisan kata bahasa indonesia dalam jurnal ilmiah sains dan teknologi. Multilingual, 15(2), 192–204.

Prabawati, N. (2013). Unsur serapan dalam Novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro dan implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 1(7), 1–13.

Purnaningtias, F., Aika, N., Fasihah, L., Farisi, M. S. Al, Sucipto, A., & Putri, Z. M. B. (2020). Analisis peran pendidikan moral untuk mengurangi aksi bully di sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 42–49.

Yahya, M., Andayani, A., & Saddhono, K. (2018). Hubungan penguasaan kosakata dengan kesalahan diksi dalam kalimat bahasa Indonesia mahasiswa BIPA level akademik. Jurnal Kredo, 1(2), 53–70.

Yustitia, V. (2020). Pengaruh model inkuiri berbantuan alat peraga edukatif terhadap literasi spasial. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 1–6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA